Text
PengaruhPengetahuanProduk, BiayaAdministrasi Dan BagiHasilTerhadapMinatMasyarakatMenjadiNasabahPada Tabungan Barokah Di Bank JatimSyariah KCP Sampang
ABSTRAK
Ach. Rosidi, 2019,Pengaruh Pengetahuan Produk, Biaya Administrasi dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Pada Tabungan Barokah Di Bank Jatim Syariah Kantor Cabang Pembantu Sampang Skripsi, Program StudiPerbankanSyariah, Fakultas EkonomiBisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: H. Wadhan, M.Si.
Kata Kunci: Pengetahuan Produk, Biaya Administrasi, Bagi Hasil dan Minat
Dalam menyalurkan produknya, Bank Jatim memiliki pangsa pasar tersendiri, yaitu dari masyarakat kecil hingga yang menengah ke atas dan bersaing dalam dunia perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh pengetahuan produk, biaya administrasi dan bagi hasil terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada tabungan barokah di Bank Jatim Syariah Kantor Cabang Pembantu Sampang serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel yang palng besar memberikan pengaruh terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada tabungan barokah di Bank Jatim Syariah Kantor Cabang Pembantu Sampang.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu hasil penyebaran kuesioner (angket) yang disebarkan kepada responden. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat analisis SPSS versi 20. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dari nasabah tabungan barokah bank Jatim KCP Sampang dengan pengambilan sampel insidental sampling dan penetuan sampel menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu kuesioner, pembuktian hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2).
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pengetahuan Produk, Biaya Administrasi terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Pada Tabungan Barokah Di Bank Jatim Syariah Kantor Cabang Pembantu Sampang sedangkan variabel Bagi Hasil tidak berpengarh Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Pada Tabungan Barokah. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan hasil Uji-t pengaruh pengetahuan produk (X1) menghasilkan nilai koefisien korelasi t hitung2,775 >ttabel 1,660 dengan taraf signifikan sebesar 0,007 < 0,10, biaya administrasi (X2) menghasilkan nilai koefisien korelasi thitung3,770 >ttabel 1,660 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,10, bagi hasil (X3) menghasilkan nilai koefisien korelasi thitung2,390 >ttabel 1,660dan taraf signifikan sebesar 0,019 > 0,10, Hasil uji F menunjukkan variabel Pengetahuan Produk, Biaya Administrasi dan bagi hasil secara simultan mempunyai pengaruh terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Pada Tabungan Barokah Di Bank Jatim Syariah Kantor Cabang Pembantu Sampang. Hal ini dapat dilihat dari hasil Fhitung51.022 > Ftabel2,36 dan taraf signifikan 0,000
Tidak tersedia versi lain