Text
SISTEM PENGELOLAAN HOME INDUSTRY KERUPUK PULI DI BRANTA PESISIR UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT
ABSTRAK
Imamah, 2019, “Sistem Pengelolaan Home Industry kerupuk puli di Branta Pesisir Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat,” skripsi prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Madura. Pembimbing Dr. Sri Handayani, MM.
Kata Kunci: Sistem Pengelolaan (Manajemen), Home Industry
Sistem pengelolaan (manajemen) usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Home industry yang mempunyai tenaga kerja yang terbatas hasil produksi musiman. Bisnis pada home industri kerupuk poli di Desa Branta Pesisir Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan merupakan bisnis yang berdiri sejak 30 tahun yang lalu dan tetap bertahan sampai sekarang. Kerupuk puli sangat dikenal di Desa Branta Pesisir karena produksi kerupuk puli yang berkualitas dan memiliki cita rasa yang khas. Kerupuk puli sering dikunjungi oleh konsumen masyarakat setempat dan adapula dari luar daerah bahkan luar kota. Sampai sekarang perkembangan kerupuk puli maju dan konsumen semakin banyak karena adanya kepercayaan dan kualitas yang diberikan pengusahan tersebut kepada konsumen
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Sistem Pengelolaan Home Industry Kerupuk Puli di Branta Pesisir Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (2) Untuk mengetahui Strategi Pemasaran Home Industry Kerupuk Puli di Branta Pesisir Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, informan pertama adalah Pemilik Usaha Home Industry, Konsumen kerupuk puli. Sedangkan tehnik pengumpulan datanya adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) sistem pengelolaan (manajemen) yang dilakukan adalah perencanaan (planing), pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing), koordinasi, pengawasan (controling) (2) strategi home industri industri adalah segmenting, targeting, positioning, (STP). Segmentasi adalah tindakan membagi sutu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk-produk dan atau kombinasi pemasaran yang terpisah. Targeting adalah suatu kegiatan dalam mengevaluasi dan membandingkan kelompok yangn sudah teridentifikasi untuk kemudian dipilih satu atau beberapa yang memiliki potensi tertinggi. Positioning adalah penanaman suatu produk dibenak konsumen.
Tidak tersedia versi lain