Text
ANALISIS EFEKTIVITAS SEGMENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PRODUK TABUNGAN UMUM SYARIAH DI KOPERASI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Halimatus Anggraini, 2019, Analisis Efektivitas Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Produk Tabungan Umum Syariah Di Koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PBS, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Rudy Haryanto, MM Kata Kunci : Segmentasi Pasar, Tabungan Umum Syariah, Meningkatkan Jumlah Anggota Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis mengharapkan untuk mencapai tujuan pemasaran. Koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan dalam memasarkan/mempromosikan produknya menggunakan segmentasi pasar sehingga lebih mudah dalam merekrut anggota. Tempat yang menjadi target untuk melakukan pemasaran/promosi produk tabungan umum syariah yaitu di tempat keramaian, seperti pasar, pertokoan, dll. Strategi yang dilakukan BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan dalam merekrut anggota baru yaitu dengan menjelaskan dan memberitahukan kelebihan-kelebihan dari produk tabungan umum syariah, seperti registrasinya yang mudah, tidak ada pajak, akadnya syariah, bagi hasil yang kompetitif (tiap bulan ada), dan lain-lain. Juga selain itu, strategi yang dilakukan dengan memberitahukan kelebihan dari Koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan sendiri, yaitu di Koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan terdapat pelayanan dengan jemput bola sehingga dapat mempermudah anggota untuk menabung tanpa harus datang ke kantor. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penerapan segmentasi pasar dalam meningkatkan jumlah anggota produk tabungan umum syariah di Koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan; kedua, Bagaimana peluang dan tantanga segmentasi pasar dalam meningkatkan jumlah anggota produk tabungan umum syariah di Koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan segmentasi pasar dalam meningkatkan jumlah anggota produk tabungan umum syariah di Koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan yaitu dengan melakukan sosialisasi secara langsung terutama ditempat keramaian seperti pasar, pertokoan, dll dengan cara mempromosikan dengan menjelaskan atau memberitahukan kelebihan-kelebihan yang akan diperoleh dari produk tabungan umum syariah dan juga selain itu, upaya yang dilakukan yaitu dengan menyebar brosur. Kedua, peluang dan tantangan segmentasi pasar dalam meningkatkan jumlah anggota produk tabungan umum syariah di Koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, peluang dengan adanya segmentasi pasar yaitu lebih mudah dalam memasarkan produk, lebih mudah dalam merekrut anggota baru, dan dapat melakukan penjemputan tabungan tiap hari (pasar). Sedangkan tantangannya yaitu banyaknya kompetitor yang masuk di kawasan yang sama sehingga untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat upaya yang dilakukan yaitu dengan menjaga kepercayaan anggota, memberikan pelayanan yang maksimal, dan memberitahukan kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki oleh koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain