Text
IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENCIPTAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) YANG EFEKTIF DI SMA AL-ANSHARIYAH PAMOROH KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Hidayaturrohim, 2019, “Implementasi Pengelolaan Kelas Dalam Menciptakan Proses Belajar Mengajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang Efektif di SMA Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr Edi Susanto, M. Fil. I.
Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Proses Belajar Mengajar, Materi PAI
Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar-mengajar. Dengan kata lain, ialah kegiatan-kegiatan untuk menciptakan kondisi yang optimal bagi terjadi proses belajar mengajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana pengelolaan kelas di SMA Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan?., kedua, Bagaimana langkah-lankah dalam mengefektifkan pengelolaan kelas di SMA Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan?., ketiga, Bagaimana prestasi belajar siswa materi PAI di SMA Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dikarenakan data yang di ambil berupa kata- kata bukan angka. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dukumentasi informannya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI, siswa/ siswi SMA Al-Ansyariyah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pengelolaan kelas yang dilakukan di SMA Al-Ansyariyah Pamoroh Kadur Pamekasan khususnya pada mata pelajaran PAI telah terlaksana dengan baik dan dilakukan semaksimal mungkin meskipun dengan berbagai keterbatasan yang ada. Guru berusaha melakukan yang terbaik untuk menciptakan suasana yang kondusif serta efisien agar proses belajar berjalan dengan lancar. Kedua, Langkah-langkah dalam efektifnya pengelolaan kelas tertata dengan baik. Baik dari jauh hari, sebelum ngajar, dan diwaktu ngajar.Ketiga, Prestasi siswa dalam kegiatan pembelajaran PAI Di SMA Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan sangat baik, di lihat berdasarkan dokumentasi nilai ujian pelajaran PAI di SMA Al-Ansyariyah di ketahui bahwa nilai yang di peroleh siswa di katogorikan baik karena telah mampu melalui KKM. Pengelolaan kelas di SMA Al-Ansyariyah memiliki peranan penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa materi PAI karena setiap hari kondisi kelas beragam dengan keadaan dan cara berpikir siswa yang juga beragam, maka perlu kesiapan guru saat mengajar, baik dari segi materi yang akan diajarkan ataupun metode yang digunakan.
Tidak tersedia versi lain