Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTS. HIKMATUL ULUM KARANG BARU TANJUNG PEGANTENAN PAMEKASAN.
ABSTRAK
Sri Ruswartini, 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs. Hikmatul Ulum Karang Baru Tanjung Pegantenan Pamekasan. Lulusan, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd. I
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Cara Guru, Faktor Penunjang dan Penghambat.
Kemampuan komunikasi langsung dalam bentuk percakapan atau berdialog sangat diharapkan agar dimiliki siswa. Akan tetapi di sekolah MTs. Hikmatul Ulum Karang Baru Tanjung Pegantenan Pamekasan menunjukkan bahwa masih adanya kendala pada proses pembelajaran. Mengingat pentingnya keterampilan berbicara, salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik pada jenjang SMP/MTs khususnya dalam mata pelajaran Bahasa adalah keterampilan berbicara. Pembelajaran keterampilan berbicara yang dilaksanakan di kelas MTs. Hikmatul Ulum Karang Baru Tanjung Pegantenan Pamekasan masih tampak kurang, dalam pembelajaran siswa kurang berani berbicara di depan umum. Hal ini karena siswa menganggap bahwa berbicara di depan umum merupakan hal yang menakutkan dan menegangkan, sehingga siswa enggan tampil di depan umum. Oleh karena itu, guru harus memberikan motivasi kepada siswa dengan memberikan pengetahuan dan teknik berbicara agar siswa lebih berani tampil berbicara di depan umum.
Adapun konteks penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana cara guru meningkatkan keterampilan berbicara siswa, apa saja faktor penunjang dan penghambat keterampilan berbicara. Tujuan dari Penelitian ini (1) Untuk mengetahui cara guru menggunakan strategi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. (2) untuk mengetahui fakto penunjang dan penghambat keterampilan berbicara.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif sedangkan metode penelitiannya dengan wawancara dan observasi. Objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII MTs. Hikmatul Ulum Karang Baru Tanjung Pegantenan Pamekasan.
Hasil dari penelitisn ini adalah Cara guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara adalah Memberikan pertanyaan tentang materi, Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan, Bermain tebak-tebakan, bercerita dan diskusi. Sedangkan Faktor penunjang dan faktor penghambat keterampilan berbicara yaitu sebagai berikut: Faktor penunjangnya adalah penguasaan topik, kenyaringan suara, kelancaran, ketepatan ucapan, pemilihan kata atau ketepatan penggunaan kalimat serta tata bahasanya, dan ketepatan sasaran pembicaraan. Faktor penghambatnya adalah adanya rasa takut yang mendalam sehingga timbul rasa grogi, tidak percaya diri sehingga akan memberi kesan yang kurang baik bagi siswa, dan kurangnya pengetahuan, kurangnya percakapan dalam berkomunikasi, dan berbicara tersendat-sendat.
Tidak tersedia versi lain