Text
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN SERBAGUNA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) BHAKTI SUMEKAR CABANG PAMEKASAN
ABSTRAKS
Ayu Trisnawati, 2019, Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Penegembangan Produk Pembiayaan Serbaguna Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan, Skripsi, Program Study Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Mohammad Bashri Asyari, MA.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Produk Pembiayaan Serbaguna,
BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.
Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep Cabang Pamekasan dalam mengembangkan usahanya memiliki 3 jenis produk layanan, yaitu: Tabungan, Pembiayaan dan Jasa. Salah satu produk pembiaya-annya adalah Pembiayaan Serbaguna yaitu Pembiayaan PNS/Karyawan Swasta berpenghasilan tetap dengan akad murabahah untuk berbagai keperluan, tetapi promosi produk yang dilaksanakan oleh BPRS Bhakti Sumekar Pamekasan masih Share of voice karena sangat sulit ditemukan media.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua permasalan pokok yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam pengembangan produk pembiayaan Serbaguna BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan; kedua, bagaimana efektivitas strategi komunikasi pemasaran dalam pengembangan produk pembiayaan Serbaguna BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenisnya adalah penelitian lapangan. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya Pimpinan Cabang Admin Pembiayaan, Akunting & Umum BPRS Bhakti Sumekar Pamekasan dan tiga nasabah produk Serbaguna. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran dalam pengembangan produk pembiayaan Serbaguna BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan dengan variabel strategi komunikasi pemasaran yang memiliki tujuh indicator, secara valid dapat dibuktikan bahwa tidak ada satupun yang terlaksana di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan, BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan hanya mengandalkan pelayanan yang baik, aman dan menyenangkan bagi nasabah produk pembiayaan Serbaguna dan nasabah-nasabah produk lainnya.
Efektivitas strategi komunikasi pemasaran dalam pengembangan produk pembiayaan Serbaguna BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan, jelas tidak efektif karena ketujuh indicator strategi komunikasi pemasaran yang dikembangkan oleh Prisgunanto tidak satupun dijalankan.
Tidak tersedia versi lain