Text
MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA DAMAI SISWA DI MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Wika Rosyadi, 2019, Manajemen Program Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Cinta Damai Siswa Di MAN 2 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah M. Ag
Kata Kunci: Pembentukan karakter, karakter cinta damai
Memiliki kecerdasan intelektual yang luas merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki, karena kecerdasan intelektual merupakan bekal dalam menghadapi tantangan zaman terutama pada peningkatan SDM. Namun demikian,kecerdasan intelektual saja nyatanya tidak cukup, karena cita-cita luhur bangsa Indonesia tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual yang luas, namun juga menjadi bangsa bermartabat, yang memiliki karakter budi pekerti yang luhur diiringi dengan nilai-nilai cinta damai sebagai benteng dalam diri siswa. Pembentukan karakter cinta damai dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian dengan judul Manajemen Program Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Cinta Damai Siswa Di MAN 2 Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam permasalahan ini, yaitu: Pertama, Bagaimana ImplementasiProgram Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Cinta Damai Siswa Di MAN 2 Pamekasan. Dan yang Kedua,Faktor Apa Saja Yang Menjadi Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Pembentukan Karakter Cinta Damai Ssiwa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah guru pembina ekstrakurikuler keagamaan dan koordinator keagamaan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran, penggunaan bahan referensi dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Di dalam melaksanakan manajemen program ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter cinta damai siswa di MAN 2 Pamekasan memiliki beberapa tahapan-tahapan. Pertama, perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter cinta damai di MAN 2 Pamekasan membutuhkan perangkat pelatihan, selain itu juga menggunakan metode agar mempermudah dalam proses pelaksanaannya. Kedua, pelaksanaaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MAN 2 Pamekasan menghasilkan nilai-nilai cinta damai yang ada dalam diri siswa. Seperti tertibnya siswa dalam shalat dhuhur berjamaah, sopan, disiplin dalam melaksanakan doa pagi seta membaca surat mujiyat setiap jam pelajaran belum dimulai, saling menghargai antar sesama. Dan yang ketiga evaluasi, yaitu dengan cara melihar langsung sikap atau tingkah laku dari siswa. Kemudian kendala atau hambatan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler adalah kurang minatnya siswa, karena di MAN 2 Pamekasan terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang lainnya.
Tidak tersedia versi lain