Text
PERAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS AZ – ZUBAIR SUMBER ANYAR PAMEKASAN
ABSTRAK
Yusri Mazid, 2019, Peran Kepemimpinan Situasional dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di MTS Az - Zubair Sumber Anyar Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag
Kata Kunci : Kepemimpinan Situasional, Kinerja Tenaga Kependidikan
Kepemimpinan memiliki posisi strategis dalam suatu organisasi. Para pemimpin dapat mempengaruhi kepuasan, kenyamanan, rasa aman, kepercayaan, dan terutama tingkat prestasi suatu organisasi. Oleh karena itu kepemimpinan merupakan kunci dalam manajemen yang memainkan peran yang penting dan strategis dalam kelangsungan suatu organisasi. Kepemimpinan untuk mempengaruhi orang lain dengan rasa bersemangat demi tercapai tujuan yang telah ditetapkan. Berbagai gaya kepemimpinan terlahir dari perkembangan teori kepemimpinan yang kesemuanya bermuara kepada peningkatan kinerja organisasi. Gaya kepemimpinan yang tepat dalam suatu organisasi akan mengantarkan organisasi itu dalam menuju kepada peningkatan kinerja.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaiamana implementasi kepemimpinan situasional dalam meningkatkan Kinerja tenaga kependidikan di MTs Az – Zubair Sumber Anyar Pamekasan; kedua, Bagaimana hasil kepemimpinan situasional dalam meningkatkan Kinerja tenaga kependidikan di MTs Az – Zubair Sumber Anyar Pamekasan; ketiga, Faktor pendudkung dan penghambat kepemimpinan situasional dalam meningkatkan Kinerja tenaga kependidikan di MTs Az – Zubair Sumber Anyar Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah, Waka Kurikulum, serta beberapa Guru di MTs Az – Zubair Sumber Anyar Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Bentuk kepemimpinan situasional yang diterapkan dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Az-Zubair yaitu adanya pelatihan. Sedangkan bentuk teguran yang diberikan di MTs Az-Zubair yaitu berupa teguran peringatan kepada tenaga kependidikan yang lalai dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Kedua, Dalam pelaksanaan kepemimpinan situasional di MTs Az-Zubair ada kesesuaian dengan harapan para tenaga kependidikan, yaitu adanya dampak yang positif baik itu untuk para tenaga kependidikan maupun terhadap kemajuan lembaga MTs Az-Zubair. Ketiga, factor pendukung dan penghambat kepemimpinan situasional dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Pamekasan yaitu, adanya pelatihan disekolah atau di luar sekolah, motivasi, sarana dan prasarana yang memadai serta pendanaan yang ada di sekolah tersebut. Sedangkan yang menghambat dalam system ini tidak lain dari kurangnya kesdaran dan rasa memiliki terhadap sekolah dan ini menjadi perhatian yang sangat penting bagi segenap para pegawai dan para guru yang ada di sekolah.
Tidak tersedia versi lain