Text
STRATEGI BELOW THE LINE BERBASIS NILAI-NILAI KEGAMAAN DALAM MEMASARKAN LEMBAGA DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
ABSTRAK
Januardi Rizki Fadholi, 2019, Strategi Below The Line Berbasis Nilai-Nilai Keagamaan Dalam Memasarkan Lembaga Pendidikan Tinggi, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: H. Achmad Muhlis, M.A
Kata Kunci : Strategi Below The Line, Pemasaran, Memasarkan
Pemasaran dalam konteks jasa pendidikan merupakan sebuah proses social dan managerial untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui penciptaan penawaran, pertukaran produk yang bernilai dengan pihak lain dalam bidang pendidikan. Yang berperan dalam hal itupun adalah pemasar sendiri yang mengajak masyarakat secara langsung untuk datang dan hadir kedalam lembaga guna memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat tersebut. Oleh karena itu pemasaran dalam dunia pendidikan juga dibutuhkan dalam meningkatkan nilai jual lembaga. Ada banyak strategi dalam memasarkan suatu lembaga salah satunya Strategi below the line. Strategi below the line adalah kegiatan periklanan lini bawah dengan menggunakan media promosi non media massa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua (2) permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana bentuk strategi below the line berbasis nilai-nilai kegamaan dalam memasarkan lembaga pendidikan tinggi di Institut Agama Islam Negeri Madura; kedua, bagaimana implementasi strategi below the line berbasis nilai-nilai kegamaan dalam memasarkan lembaga pendidikan tinggi di Institut Agama Islam Negeri Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah wakil rektor bidang akademik, dekan syariah, dosen, ketua teknologi informasi dan pangkalan data, mantan panitia rekrutmen dan humas. Sumber data sekunder yang terdiri dari foto-foto dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pemasaran jasa pendidikan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama; startegi below the line berbasis nilai-nilai kegamaan dalam memasarkan lembaga pendidikan tinggi sudah dilaksanakan dengan cukup baik di institut agama islam negeri Madura dengan adanya poster, brosur, pamflet, X-banner dan baleho yang dapat membuktikan bahwa startegi tersebut sudah diterapkan meski tidak semua alat yang digunakan. Kedua; implementasi startegi below the line berbasis nilai-nilai kegamaan dalam memasarkan lembaga pendidikan tinggi sudah berhasil, para pemasar cukup puas dengan model strategi ini, meski masih ada kendala dalam penerapannya.
Tidak tersedia versi lain