Text
MEMAHAMI PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF-PLURALIS DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME DALAM PEMIKIRAN ISLAM
Abstrak
Mawardah, 2019, Memahami Pendidikan Islam Inklusif-Pluralis Dalam Perspektif Nurcholish Madjid Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme Dalam Pemikiran Islam, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha M.Pd.I.
Kata kunci: Pendidikan Islam, Inklusif-Pluralis, Pluralisme Agama, Toleransi, Kebesan Beragama, Universalisme Islam, dan Nurcholish Madjid.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya corak pemahaman eksklusif yang bertendensi pada radikalisme aksi terror, maupun kekerasan lainnya, seperti munculnya Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang begitu serius. Peristiwa itu, juga menggoreskan namanya didalam buku harian bangsa Indonesia, Kondisi seperti ini dirasa penting untuk ditanggulangi, dengan mereaktualisasi pendidikan Islam yang inklusif-pluralis. Seorang cendikiawan muslim dan pemikir modernis Nurcholish Madjid yang berusaha untuk membangun masyarakat Indonesia yang damai dan toleran terhadap perbedaan dipandang penting untuk dipelajari pemikirannya dan ditanamkan kepada setiap individu termasuk dalam ranah pendidikan. Dengan konsep yang diusung oleh Nurcholish Madjid tersebut, penulis berusaha untuk menggali lebih dalam lagi mengenai konsep pendidikan Islam inklusif-pluralis dalam bentuk penelitian ilmiah dengan rumusan masalah yaitu; bagaiama deskripsi konsep pendidikan Islam inklusif-pluralis dalam perspektif Nurcholish Madjid? Bagaiaman gambaran kontribusi pemikiran Islam-inklusif pluralis Nurcholish Madjid dapat meredam radicalisme dalam pemikiran Islam?, apa sajakah kontribusi pemikiran Islam inklusif-pluralis Nurcholish Madjid terhadap pendidikan Islam di Indonesia?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library reseach). Dengan sumber data primer karya Nurcholish Madjid, dan didukung dengan data sekunder yang berkaitan dengan pemkiran Nurcholish Madjid.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menganalisis isi peneliti menemukan pemikiran pendidikan Islam inklusi-pluralis dalam perspektif Nurcholish Madjid yaitu; a) Pendidikan harus mampu menanamkan nilai-nilai kemanusiaan (humanisme), b) Menumbuhkan pemahaman keagamaan yang inklusif, pluralis, dan toleran dengan memahami kajian-kajian keislaman termasuk melakukan studi keagamaan. c) Berpegang pada konsep kalimatun sawa’ (common platform), yaitu titik simpul persamaan atau titik temu agama-agama, dan universalisme Islam serta dialog antar agama. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, apabila pemikiran pendidikan Islam inklusif-pluralis Nurcholish Madjid tersebut diatas diterapkan dalam sistem pendidikan maka dianggap mampu menangkal radikalisme dalam pemikiran Islam. Terahir, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal terkait kontribusi pemikiran Nurcholish Madjid terhadap pendidikan Islam di Indonesia yaitu, pendidikan humanis, inklusif-pluralis, dan pendidikan deradikalisasi. Kesemuanya itu merupakan kontribusi Nurcholish Madjid dari pemikiran inklusifnya yang sangat terbuka terhadap perbedaan dan misinya dalam masalah keummatan untuk membawa Indonesia yang damai tanpa perpecahan.
Tidak tersedia versi lain