Text
UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING MELALUI “TAMRINUL MUSABAQOH TILAWATIL KITAB” (TMTK) DI MADRASAH DINIYAH ULYA PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BETTET
ABSTRAK
Kuswadi, 2019. Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Melalui Tamrinul Musabaqoh Tilawatil Kitab (TMTK) di Madrasah Diniyah Ulya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Pembimbing Drs. H. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata kunci: Bimbingan, Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning, dan Tamrinul Musabaqoh Tilawatil Kitab.
Madrasah Diniyah Ulya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan merupakan lembaga Pendidikan yang mempunyai tahassus pendalaman dalam bidang kitabiyah. Namun dari tahun ke tahun mulai ada penurunan nilai esensi dari tahassus tersebut, baik dari segi intelektual, kreatifitas dan kemampuan santri-santri Madrasah Diniyah Ulya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi gradasi penurunan esensi dari tahassus tersebut, maka Madrasah Diniyah Ulya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan menawarkan program baru yang dapat mengantisipasi penurunan kemampuan para siswa untuk membaca kitab kuning.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana pelaksanaan program Tamrinul Musabaqoh Tilawatil sebagai upaya mengembangkan kemampuan membaca Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Ulya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Kedua, apa faktor penunjang keberhasilan pelaksanaan program Tamrinul Musabaqoh Tilawatil Kitab (TMTK) dalam mengembangkan kemampuan membaca Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Ulya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Ketiga, bagaimana gambaran prestasi santri dalam membaca Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Ulya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan setelah dilaksanakan program Tamrinul Musabaqoh Tilawatil Kitab (TMTK).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber data penelitian ini adalah dewan asatidz dan santri. Prosedur pengumpulan datanya adalah interviw, observasi dan dokumentasi. Tehnik pengecekan keabsahan data, dan triangulasi .
Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan program Tamrinul Musabaqoh Tilawatil(TMTK) di Madrasah Diniyah Ulya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan adalah: dilaksanakan setiap akhir tahun, kadang-kadang setiap semester, dimulai dari kelas satu ulya terus bergantian sampai kelas tiga ulya, dilaksanakan pada kitab fiqih. Proses pelaksanaan-Nya setiap kelas dibagi menjadi dua belas kelompok/ruang, setiap ruang berisi 4-5 santri, setiap ruang dewan hakimnya minimal 5-6 orang yang duduk melingkar dilantai kemudian santri dipanggil satu persatu untuk membacakan kitabnya, namun cara membacanya disesuaikan dengan tingkatan kelas mereka masing-masing. (2) Faktor penunjang keberhasilan pelaksanaan program Tamrinul Musabaqoh Tilawatil Kitab (TMTK) di Madrasah Diniyah Ulya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan adalah: adanya bimbingan guru yang disesuaikan dengan karakter peserta didik, setiap guru tidak hanya mengajar tetapi juga menjadi orang tua, santri yang mayoritas mukim di pondok pesantren, santri Madrasah Diniyah Ulya sudah besar-besar, kemampuan yang dimiliki oleh para ustadz, sarana dan prasarana yang ada serta keinginan dari santri untuk mempelajari dan mengkaji kitab kuning. (3) Gambaran prestasi santri dalam membaca Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Ulya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan setelah dilaksanakan program Tamrinul Musabaqoh Tilawatil Kitab (TMTK), adalah: sangatlah memuaskan, rata-rata santri dalam jangka waktu satu tahun sudah bisa membaca kitab kuning, yang meraih juara dengan yang belum selisih nilainya tidak begitu jauh, santri mampu mempraktekkan kaidah-kaidah nahwu dan shorrof, santri yang mempunyai kemampuan di bawaah rata-rata sudah bisa bersaing dengan santri yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata, dan dapat melatih santri untuk lebih percaya diri pada kemampuannya, serta dapat memahami dan menerapkan qoidah bahasa Arab dengan benar dan tepat.
Tidak tersedia versi lain