Text
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH DINIYAH NURUL HIJRIYAH KECAMATAN CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG.
ABSTRAK
Ansori ,2019,Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Mdrasah
Diniyah Nurul Hijriyah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Skripsi,
Program Studi PAI Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing:
Drs. H. Saiful Arif, M.Ag
Kata Kunci : Upaya Guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Guru adalah orang yang selalu dekat dengan anak didiknya atau siwa bahkan seorang gurulah yang mengetahui segala hal yang selalu terjadi pada anak didiknya bahkan ketika ada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajarnya hanya seorang gurulah yang bisa mengatasi hal yang terjadi pada anak didiknya .Maka dari itu kedudukan seorang guru sangat menentukan dalam perkembangan peserta didik. Dalam penelitian ini ada dua fokus yang penulis teliti yaitu : pertama, Apa saja yang menjadi penyebab siswa mengalami kesulitan dalam belajar di Madrasah Diniyah Nurul Hijriyah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang . Kedua, Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Madrasah Diniyah Nurul Hijriyah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi , dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, asatidz dan siswa. Sedangkan pengecekan dan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Penyebab siswa mengalami kesulitan dalajar di Madrasah Diniyah Nurul Hijriyah yaitu ada dua faktor.1) Faktor pertama keluarga yaitu: adanya pertengkaran pertengkaran orang tua, tidak ada dukungan dari orang tua,kerang perhatian orang tua. 2) Faktor lingkungan Sekolah yaitu: Kurangnya perhatian dari ustadz, sering menyendiri, tidak memelitki teman dekat, tidak memilki minat untuk belajar,dan sering diganggu temannya. Sehingga siswa di Madrasah Diniyah Nurul Hijriyah banyak yang mengalmi kesulitan dalam belajarnya. Kedua Upaya guru dalam mengatasi kesulitan dalam belajar di Madrasah Diniyah Nurul Hijriyah yaitu: (1). Harus ada perlakuan khusus terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam belajarnya. (2). Mendatangkan guru BK dari luar (3). Melakukan evaluasi setiap minggu terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam belajarny ( 4). Memisahkan antara siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dengan siswa yang tidak mengalami kesuliatan dalam belajarnya.(5) Mengadakan pertemuan wali murid setiap satu bulan satu kali melakukan evaluasi terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam belajarnya.
Tidak tersedia versi lain