Text
PENGGUNAAN METODE ACCELERETED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IX DI MTs SULTHAN MUHAMMAD BULANGAN HAJI
ABSTRAK
Moh. Holil, 2019, skripsi Penggunaan Metode Accelerated Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX di MTs Sulthan Muhammad Bulangan Haji. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura. Pembimbing: Dr. H. Mohammad Thoha, M.Pd.I.
Kata kunci : Metode Accelerated Learning, Motivasi Belajar Siswa,
Fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) Penggunaan metode Accelerated Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs Sulthan Muhammad Bulangan Haji (2) Faktor penghambat dan pendukung penggunaan metode Accelereted Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs Sulthan Muhammad Bulangan Haji.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, siswa, dan komite, prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi, sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan metode accelereted learning sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IX MTs Sulthan Muhammad Bulangan Haji, yang awalnya banyak siswa yang tidak memperhatikan ketika proses KBM (kegiatan belajar mengajar) ada yang tidur dan main2 setelah di terapakan metode Accelereted Learning siswa semakin aktif dan termotivasi apalagi materi yang harus di peraktekkan seperti Tajhizul Janazah dll. (2) Faktor pendukung: sarana dan prasarana seperti laptop dilengkapi proyektor, pelajaran fiqih yang mudah juga disertai praktek serta kemampuan berfikir siswa yang baik, faktor penghambat: siswa ada yang melamun, minimnya waktu untuk memaksimalkan penggunaan metode ini, siswa ada yang tidak suka praktek, serta kemampuan siswa yang berbeda.
Tidak tersedia versi lain