Text
MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU DI MTS AL-FALAH AL ISLAMI BANCELOK JRENGIK SAMPANG
ABSTRAK
Kiptiyah , 2019, Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru di MTS Al-Falah Al-Islami Bancelok Jrengik Sampang. Sikripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M. Ag
Kata kunci: Manajemen Madrasah, Kinerja Guru
Terdapat tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini; Pertama, Bagaimana strategi pengelolaan berbasis manajemen madrasah dalam meningkatkan kinerja guru mengajar di MTS Al-Falah Al-Islami Bancelok Jrengik Sampang?. Kedua, Bagaimana hasil dari strategi pengelolaan berbasis manajemen madrasah dalam meningkatkan kinerja guru mengajar di MTS Al-Falah Al-Islami Bancelok Jrengik Sampang? Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari strategi pengelolaan berbasis manajemen madrasah dalam meningkatkan kinerja guru mengajar di MTS Al-Falah Al-Islami Bancelok Jrengik Sampang?. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Sekolah, Waka Sarana dan Prasarana, dan beberapa orang guru. Analisis data melalui pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan/pengamatan, ketekunan pengamatan, tringulasi peneliti, tringulasi teoritik. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 10 Desember 2018 sampai dengan 10 Januari 2019.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja mengajar guru di MTs Al Falah Al Islami Bancelok Jrengik Sampang adalah, dengan menggunakan IPTEK melalui cara mengaplikasikannya dalam perangkat pembelajaran, misalnya RPP. Kepala sekolah juga menggunakan strategi dengan memberikan reward berupa hadiah kepada guru apabila guru dianggap mampu memberikan pembaruan dalam pembelajaran. Kedua hasil dari strategi pengelolaan berbasis manajemen madrasah dalam meningkatkatkan kinerja mengajar guru di MTs Al Falah Al Islami Bancelok Jrengik Sampang adalah Dengan menggunakan IPTEK dalam perangkat pembelajaran guru bisa menyampaikan materi yang harus di pelajari kepada murid dengan mudah dan lebih luas, selain itu siswa dapat meningkatkan pendalaman terhadap materi pembelajaran, siswa akan mengalami ketuntasan belajar pada ujian yang diadakan sekolah. Selain itu juga berorientasi pada kelulusan ujian akhir nasional (UNAS). Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dari adanya strategi pengelolaan berbasis manajemen madrasah dalam meningkatkan kinerja mengjar guru di MTs Al Falah Al Islami Bancelok Jrengik Sampang adalah dukungan kepala sekolah dan kerja sama yang baik antar program yang sudah ditentukan oleh kepala sekolah selaku pemimpin di lembaga.Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana dan prasarana yang tidak memadai.
Tidak tersedia versi lain