Text
PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMP NEGERI 1 GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Rini Sulistiani, 2019, Peranan Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Kepala Sekolah sebagai Supervisor dan Kompetensi Guru
Penelitian ini dilatar belakangi tuntutan bagi kepala sekolah sebagai supervisor di sekolah yang bertanggung jawab dalam memperbaiki kualitas kompetensi guru menjadi lebih baik dan mewujudkan proses pendidikan yang baik pada siswa. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Galis Pamekasan?, 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Galis Pamekasan?, 3) Bagaimana hasil dari peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Galis Pamekasan?. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan evaluasi pada guru mengenai pentingnya supervisi bagi dirinya melalui peranan kepala sekolah sebagai supervisor khusunya dalam meningkatkan kompetensi guru, sehingga akan tercapai suatu tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Galis Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Galis Pamekasan adalah menetapkan rencana kerja mengutus guru dalam kegiatan diklat 1) membantu guru dalam persiapan mengajar (menyusun RPP), 2) membantu guru dalam pengelolaan kelas, 3) membantu guru dalam menggunakan media belajar, sumber belajar, dan metode. Kedua, Faktor penghambat dan pendukung peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Galis Pamekasan adalah faktor penghambat: 1) tugas kepala sekolah yang cukup kompleks, 2) kurangnya persiapan perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru, 3) terkadang guru merasa kurang percaya diri, takut salah dalam mengajar. Sedangkan faktor yang mendukung: 1) kesiapan guru, rata-rata guru siap ketika dilakukan supervisi, 2) kecermatan guru dalam membuat RPP. Ketiga, Hasil peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Galis Pamekasan diantaranya yaitu 1) perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru semakin baik, 2) guru menyadari akan pentingnya supervisi bagi dirinya, 3) proses pembelajaran semakin baik dan kondusif.
Tidak tersedia versi lain