Text
STRATEGI KOLABORASI SISTEM KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DAN KONSULTASI PEMBANGUNAN DALAM MENCIPTAKAN TATA RUANG KANTOR TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN DI MA MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur Hidayati, 2019, Strategi kolaborasi sistem kerja tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan dalam menciptakan tata ruang kantor terhadap layanan pendidikan di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan, Skripsi, Jurusan MPI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing Dr. H atiqullah, S.Ag, M. Pd.
Kata kunci: kolaborasi, sistem kerja, tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan, tata ruang kantor, layanan pendidikan.
Strategi kolaborasi sistem kerja tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan dalam menciptakan tata ruang kantor terhadap layanan pendidikan adalahsuatu rumusan perencanaan kerjasama untuk rangkaian tata kerja antara satuan pendidikandan badan hukum yang melaksanakan tugas konsultasi dalam bidang perencana karya bangunan dalam menciptakan pengaturan ruang kantor sehingga tercipta pemenuhan kebutuhan jasa pendidikan.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) upaya kolaborasi sistem kerja tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan dalam menciptakan tata ruang kantor terhadap layanan pendidikan di MA Miftahul Ulum Bettet pamekasan , (2) apa saja kendala kolaborasi sistem kerja tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan dalam menciptakan tata ruang kantor terhadap layanan pendidikan di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui upaya kolaborasi sistem kerja tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan dalam menciptakan tata ruang kantor terhadap layanan pendidikan di MA Miftahul Ulum Bettet pamekasan, (2) untuk mengetahui apa saja kendala kolaborasi sistem kerja tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan dalam menciptakan tata ruang kantor terhadap layanan pendidikan di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif, informannya adalah kepala sekolah, ketua Tata Usaha, waka sarpras, konsultan pembangunan, tenaga pendidikan, siswa. Sedangkan pengecekaan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya kolaborasi sistem kerja tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan dalam menciptakan tata ruang kantor terhadap layanan pendidikan di MA Miftahul Ulum Bettet pamekasan adalah (a) melakukan Perencanaan meliputi rapat, membuat jadwal, berkomitmen untuk bekerja sama dengan baik. (b) melakukan pengorganisasian yaitu ketua yayasan, kepala sekolah, kepala tata usaha, bendahara, waka sarpras.(c) pelaksanaan yaitu membuat ruang bk baru yang awalnya menyatu dengan kantor namun dipindah ke selatannya kantor. (d) melakuan Pengawasan orang-orang yang terlbiat meliputi: ketua yayasan, kepala sekolah, tenaga tata usaha, Komite sekolah.(e) pengevalusian yakni kurang konsisten dalam menerapkan perencanaan yang sebelumnya sudah ditentukan antara tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan.(2) kendala kolaborasi sistem kerja tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan dalam menciptakan tata ruang kantor terhadap layanan pendidikan di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan adalah (a) kurangnya koordinasi antara tenaga kependidikan dan konsultan pembangunan (b) kurangnya dana (c) sulitnya perizinan.
Tidak tersedia versi lain