Text
KOMPETENSI INFORMATION TECHNOLOGY TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN MUTU LAYANAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-GHAZALI ROMBASAN PRAGAAN SUMENEP
ABSRTAK
Rofiq Romadlan, 2019, Kompetensi Information Technology Tenaga Kependidikan dalam Pengelolaan Mutu Layanan di Madrasah Tsanawiyah Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep, Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: H. Achmad Muhlis, MA.
Kata Kunci: Kompetensi Information Technology Tenaga Kependidikan, Pengelolaan Mutu Layanan.
Madrasah Tsanawiyah Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep merupakan satu madrasah swasta berciri khas Islam, Madrasah Tsanawiyah Al-Ghazali mempunyai Tenaga kependidikan yang punya kompetensi Information Technology sangat baik, sehingga dengan kompetensi tersebut tenaga kependidikan dapat mengelola mutu layanan yang baik pula.
Fokus dari penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana kompetensi Information Technology Tenaga Kependidikan dalam pengelolaan mutu layanan di Madrasah Tsanawiyah Al-Ghazali. Kedua, Apa saja pendukung dan penghambat dalam pengelolaan mutu layanan di Madrasah Tsanawiyah Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Antara lain Informannya adalah Kepala Madrasah, Tenaga Kependidikan, Guru-guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep.
Dari Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama, Kompetensi Information Technology Tanaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Ghazali sudah baik, terlihat dari kenerjanya selama peneliti melakukan pengamatan dilapangan. Walaupun tenaga kependidikan di MTs Al-Ghazali bukan lulusan sarjana IT akan tetapi kompetensi Information Technology yang dimiliki sudah tidak dapat diragukan lagi, sebagaimana yang sudah diamati oleh peneliti bahwa tenaga kependidikan disana terlihat aktif dan aktraktif sekali dalam menjelankan tugasnya sehingga dengan bekal tersebut tenaga kependidikan dapat mengelola layanan di MTs Al-Ghazali dengan baik khususnya pengelolaan layanan berbasis Information Technology. pelayanan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan antara lain adalah: pelayanan dalam segi kurikulum, pelayanan kesiswaan, pelayanan sarpras, pelayanan pembiayaan, dan pelayanan kehumasan. Semua layanan tersebut sepenuhnya dilakukan oleh tenaga kependidikan dan mampu dilaksanakan dengan baik. Sedangkan faktor pendukung dalam pengelolaan mutu layanan di MTs Al-Ghazali adalah semangat kerja dan kemauan yang tinggi yang dimiliki oleh seorang tenaga kependidikan sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam pengelolaan mutu layanan di MTs Al-Ghazali adalah pembiayaan yang tidak mencukupi serta sarana dan prasarana yang tidak memadai.
Tidak tersedia versi lain