Text
IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 5 PAMEKASAN
ABSTRAK
ZAIFULLAH.2019, Implementasi Program Pembentukan Karakter Siswa di Smp Negeri 5 Pamekasan, Skrpsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci: Program, Pembentukan Karakter Siswa
Pendidikan adalah kebutuhan mutlak yang sangat penting bagi setiap negara karena hal tersebut menyangkut masa depan sebuah bangsa dari kualitas insanya dan untuk meningkatkan kualitas tersebut, manusia hanya bisa di bina melalui pendidikan. Maka seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi dapat mempermudah siswa atau manusia untuk mendapatkan informasi dan belajar melalui media ataupun internet, akan tetapi hal itu juga dapat menimbulkan hal-hal buruk terhadap siswa dan dapat mengkikis moral karakter siswa. Sehingga di dunia sekolah harus betul-betul di bina ataupun di bimbing agar supaya siswa itu kuat dalam menghadapi dunia global ini.
Terdapat tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini. Pertama Bagaimana cara yang dilakukan untuk menerapkan program pendidikan karakter (PPK) dalam membentuk karakter siswa di SmpN 5 Pamekasan. Kedua Bagaimana respon siswa terhadap program PPK tersebut dalam membentuk karakter siswa di Smp Negeri 5 Pamekasan. Ketiga Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam program PPK untuk membentuk karakter siswa di Smp Negeri 5 Pamekasan.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitianya adalah deskriftif, sedangkan tehnik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan adalah wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama dalam membentuk karakter siswa di Smp Negeri 5 Pamekasan kepala sekolah memberikan program yaitu Program Pengutan Karakter (PPK) Yaitu terdiri dari beberapa kegiatan 3S (salam, senyum, sapa), kepada siswa yang dilaksanakan di luar jam sekolah, kemudian ada kegiatan membaca dan menghafal Juz Amma serta literasi sekolah kepada siswa yang dilakukan pada jam masuk pertama sebelum pelajaran di mulai dan waktumya 15 menit. Kedua respon siswa terhadap program yang sudah berjalan yang dilakukan sekolah dalam membentuk karakter siswa beragam, ada ada yang tidak suka dengan kegiatan tersebut itupun hanya beberapa siswa saja, tetapi siswa yang antusias sangat banyak dalam mengikuti kegiatan yang telah di berikan oleh sekolah dan salah satu kegiatan yang di sukai adalah kegiatan membaca literasi sekolah dan membaca Juz Amma. Dari beragam komentar dari siswa kepala sekolah tetap berupaya membentuk sikap atau akhlak siswa. Ketiga faktor pendukung program pembentukan karakter siswa adalah:1). memiliki dukungan dari kepala sekolah sebagai pemberi kebijakan, para guru dan warga sekolah serta orang tua siswa dan masyarakat. 2). Adanya sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat dari pembentukan karakter siswa di sekolah adalah: 1). Kurangnya kesadaran dari orang tua siswa dan siswa akan pentingnya kesopana dan kedisiplinan atau akhlak. 2). Pengaruh lingkuan. 3). Pengaruh teknologi.
Tidak tersedia versi lain