Text
PELAKSANA PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MEMBENTUK KETERAMPILAN MENEJEMEN BERWIRAUSAHA SISWA DI MTS NEGERI 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Faidatul Jannah, 2019. Pelaksanaan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Keterampilan Manajemen Berwirausaha Siswa di MTs Negeri 2 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing : Dr. Abd. Mukhid, M. Pd.
Kata Kunci : Program Adiwiyata dan Keterampilan Berwirausaha.
Pertumbuhan dan perkembangan suatu bangsa tidak hanya bergantung pada pertumbuhan ekonomi dan kestabilan politik, tetapi sebagian besar terletak pada kemampuan dan kemauan serta semangat sumber daya manusia sebagai aset utama dan terbesar dalam mengembangkan potensi bangsa.
Permasalahan yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini ada tiga macam: 1) Bagaimana perencanaan program adiwiyata untuk membentuk keterampilan berwirausaha siswa di MTs Negeri 2 Pamekasan? 2) Bagaimana Pelaksanaan program adiwiyata untuk membentuk keterampilan berwirausaha siswa di MTs Negeri 2 Pamekasan ? dan 3) Bagaimana evaluasi hasil pelaksanaan program adiwiyata untuk membentuk keterampilan berwirausaha siswa di MTs Negeri 2 Pamekasan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informannya adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, Perencanaan program adiwiyata dalam rangka membentuk keterampilan manajemen berwirausaha siswa di MTs Negeri 2 Pamekasan telah terlaksana dengan baik dengan mengacu pada RKM (Rencana Kerja Madrasah) yang memuat beberapa kegiatan yang dapat membentuk keterampilan berwirausaha siswa, diantaranya, 1) Adanya program adiwiyata yang didalamnya terdapat kegiatan untuk menjadikan siswa memiliki kemampuan dalam berkreativitas. 2) Program ekstrakurikuler yang memuat unsur adiwiyata. 3) Program akademik yang berupa adanya mata pelajaran pra karya.
Kedua, Pelaksanaan program adiwiyata dalam rangka membentuk keterampilan berwirausaha siswa dapat terlihat melalui beberapa hasil karya yang sudah ditampilkan oleh siswa-siswi MTs Negeri 2 Pamekasan. Juga dapat dilihat dari terlaksananya program kegiatan yang dapat membentuk keterampilan siswa dalam berkarya dan berwirausaha, seperti: 1) Program kopsis. 2) Program kreativitas siswa. 3) Program sampah/Pengomposan. 4) Program bank sampah.
Ketiga, Evaluasi hasil pelaksanaan program adiwiyata untuk membentuk keterampilan manajemen berwirausaha siswa di MTs Negeri 2 Pamekasan telah dilaksanakan dengan baik dengan cara monitoring kepala sekolah pada setiap pokja kegiatan di MTs Negeri 2 Pamekasan, yaitu: 1) Pokja kopsis. 2) Pokja kreativitas siswa/seni. 3) Pokja sampah/pengomposan. 4) Pokja bank sampah. Hal itu terbukti dari adanya peningkatan keterampilan berwirausaha siswa dalam mengelola kopsis, membuat kreativitas dari bahan bekas dan lain sebagainya.
Tidak tersedia versi lain