Text
IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN PRESTASI KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS AL-AMIEN JAMBU LENTENG SUMENEP
ABSTRAK
Sayyidah Ittaqie Tafuzie, 2019, Implementasi Standar Penilaian Pretasi Kerja Tenaga Kependidikan di MTS al-Amien Jambu Lenteng Sumenep, Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Abd. Mukhid, M. Pd.
Kata Kunci : Standar Penilaian, Prestasi Kerja Tenaga Kependidikan
Sebuah standar dapat dianggap sebagai pengukur yang ditetapkan, sesuatu yang harus diusahakan, sebuah model untuk pertimbangan, suatu alat untuk membandingkan antara satu hal dengan hal lain. Dalam pelaksanaan penilaian prestasi kerja tenaga kependidikan sangat dibutuhkan sebuah standar sebagai batasan untuk pencapaian suatu tujuan tertentu. Dan setiap lembaga pendidikan memiliki standar tertentu sebagai acuan dalam mengetahui batas kemampuan seluruh tenaga kependidikan baik kelebihan maupun kekurangan yang harus diperbaiki kedepannya.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini, yaitu: pertama, standar sebagai tolok ukur penilaian prestasi kerja tenaga kependidikan; kedua, penerapan standar penilaian prestasi kerja tenaga kependidikan; ketiga, faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan penilaian prestasi kerja tenaga kependidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ialah MTS al-Amien Jambu Lenteng Sumenep. Penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sumber datanya adalah tenaga kependidikan (guru, kepala sekolah, tenaga administrasi dan tenaga perpustakaan). Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan/keajengan dan triangulasi yang memanfaatkan penggunaaan sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, standar penilaian prestasi kerja tenaga kependidikan di MTS al-Amien jambu meliputi: standar kepala sekolah guru, tenaga administrasi, perpustakaan, laboratorium dan tenaga layanan khusus. Standar tersebut berisikan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap bagian, yang terbagi dalam beberapa aspek. Kedua, Pelaksanaan standar penilaian prestasi kerja tenaga kependidikan di MTS al-Amien Jambu dilaksanakan 2x dalam kurun waktu 1 tahun, setiap tiba akhir semester. Selain itu, untuk penilaian kinerja tenaga kependidikan kepala sekolah biasanya memantau langsung pelaksanaan setiap kegiatan, baik itu kegiatan mengajar guru dan kegiatan pelaksanaan tugas tenaga kependidikan lainnya. Ketiga, Setiap lembaga memiliki faktor penghambat tersendiri dalam pelaksanaan penilaian prestasi kerja tenaga kependidikan, begitu pula sama halnya dengan MTS al-Amien Jambu, yang menjadi penghambat penilaian dalam penelitian yakni berasal dari objek yang di nilai, sedangkan dalam teori mengatakan bahwa faktor penghambat penilaian yakni berasal dari penilai, meski berbeda akan tetapi keduanya baik objek yang dinilai maupun penilaian sama-sama berpotensi untuk menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan penilaian.
Tidak tersedia versi lain