Text
IMPLIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL CARD SORT DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS XI MA AL-ISLAMIYAH 1 SUMBER BATU BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Ilham Maulidy 2019. “Implimentasi Strategi Active Learning Model Card Sort dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadis Siswa Kelas XI MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci : Strategi Active Learning, Model Card Sort, Kesulitan Belajar
Dalam kegiatan pembelajaran seorang guru harus mampu memberikan pelajaran yang menarik, untuk itu diperlukan strategi yang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Sehingga guru perlu menerapkan strategi belajar aktif (active learning) dalam pembelajaran PAI mata pelajaran al-Qur’an hadis. Dalam strategi belajar aktif ini ada beberapa model yang bisa digunakan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan mengaktifkan siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran card sort yang merupakan kegiatan kolaboratif.
Pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan strategi active learning model card sort dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran al-Quran hadis siswa kelas XI MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan, 2) mendeskripsikan faktor-faktor pendukung terlaksananya strategi active learning model card sort dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran al-Quran hadis siswa kelas XI MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan, 3) mendeskripsikan gambaran keberhasilan strategi active learning model card sort dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran al-Quran hadis siswa kelas XI MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan.
Untuk mencapai tujuan dari penelitian di atas, menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI. Dan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian implementasi strategi active learning model card sort dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadis siswa kelas XI MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan, (1) proses pelaksanaan strategi active learning model card sort yaitu dengan menggambarkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, baik keterlibatan mental, fisik, intelektual, maupun emosional. (2) faktor-faktor pendukung terlaksananya strategi active learning model card sort dalam mengatasi kesulitan belajar seperti sarana dan prasarana sekolah, kesabaran guru dalam mengajar, semangat dan minat siswa. Sedangkan faktor penghambatnya seperti siswa sering keluar kelas ketika pelajaran berlangsung, siswa suka mengganggu teman sebangkunya. (3) gambaran dari keberhasilan strategi active learning model card sort dapat membuat siswa menjadi aktif, seperti aktif bertanya, menjawab pertanyaan, menyampaikan pendapat, berpikir kritis, dan mampu memecahkan masalah.
Tidak tersedia versi lain