Text
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI INQUIRY DI SMP NEGERI 1 PADEMAWU KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Novita Sari, 2019, Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Strategi Inquiry di SMP Negeri 1 Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Problematika Pembelajaran PAI, Strategi Inquiry
Dalam konteks penelitian ini ialah problematika yang dihadapi anak didik maupun guru PAI dalam menjalankan proses belajar mengajar, bagaimana diharapkan pelajaran agama dapat diterima dan di pahami sangat penting oleh peserta didik, tapi pada kenyataannya anak didik tidak antusias dalam mengikuti pelajaran bahkan mereka cenderung menganggap pelajaran agama itu membosankan. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana bentuk problematika pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi inquiry di SMP Negeri 1 Pademawu Pamekasan?, 2) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan munculnya problematika pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi inquiry di SMP Negeri 1 Pademawu Pamekasan?, 3) Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi inquiry di SMP Negeri 1 Pademawu Pamekasan?. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan evaluasi bagi kepala Sekolah, guru PAI dalam menggunakan strategi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMP Negeri 1 Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi,wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pengecekan anggota.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, bentuk problematika pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi inquiry di SMP Negeri 1 Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan adalah masalah kurangnya motivasi serta minat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, masalah kurangnya keahlian seorang guru dalam memakai media dalam proses belajar mengajar, dan kemampuan berpikir siswa yang berbeda, serta perkembangan IPTEK yang sangat pesat sehingga mempengaruhi pola pikir anak-anak. Kedua, faktor-faktor yang menyebabkan munculnya problematika pembelajaran PAI dengan menggunakan startegi inquiry di SMP Negeri 1 Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan digolongkan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Yang dimaksud dengan faktor internal adalah segala permasalahan yang timbul dari diri masing-masing siswa, meliputi: motivasi belajar siswa, konsentrasi belajar siswa, dan rasa percaya diri siswa. Sedangkan yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah segala permasalahan-permasalahan pembelajaran yang timbul dari luar masing-masing siswa, meliputi: Guru atau pendidik, lingkungan sosial siswa di sekolah, masyarakat, keluarga, dan media pembelajaran. Ketiga, solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi inquiry di SMP Negeri 1 Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yaitu: pertama, solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada siswa adalah dengan menarik minat siswa serta membangkitkan motivasi belajar siswa. Kedua, solusi yang dilakukan pada guru adalah dengan mengikuti penataran-penataran serta kursus-kursus pembelajaran, dengan begitu guru akan lebih mengetahui kebutuhan siswa yang sesungguhnya. Ketiga, lingkungan masyarakat, salah satu solusi pada problem lingkungan adalah sebagai berikut, masyarakat harus bisa memberikan contoh yang baik pada siswa agar siswa menjadikan tauladan dan akan berdampak positif terhadap perkembangan proses belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain