Text
STRATEGI PEMBERIAN MOTIVASI KEPALA MADRASAH DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN KARIER GURU DI MA MIFTAHUL ULUM LENTENG SUMENEP
ABSTRAK
Sitti Mashrifah, 2019, Strategi Pemberian Motivasi Kepala Madrasah dalam Program Pengembangan Karier Guru di MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Usman, M.Pd.I
Kata Kunci: Motivasi, Pengembangan Karier
Pada zaman sekarang kehidupan sudah banyak mengalami perubahan. Dengan berkembangnya zaman dan arus globalisasi membuat tidak sedikit orang berkesempatan berkarir diluar rumah dan menduduki posisi-posisi tertentu di tempat mereka bekerja. Selain itu, karier ternyata membuat banyak orang menginginkannya, karier bukan hanya masalah gaji yang besar akan tetapi jabatan atau posisi yang memang diinginkan oleh banyak orang dalam suatu pekerjaannya. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian dengan judul Strategi Pemberian Motivasi Kepala Madrasah dalam Program Pengembangan Karier Guru di MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam permasalahan ini, yaitu: Pertama, Bagaimana kepala madrasah sebagai pemimpin dalam memberikan motivasi kepada guru di MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep. Kedua, Bagaimana program pengembangan karier guru di MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep. Dan yang Ketiga, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan motivasi kepada guru dalam program pengembangan karier di MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru, dan satpam. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran, penggunaan bahan referensi dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, di lembaga MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep ada program tahunan yaitu RKM (Rencana Kerja Madrasah) yang mana membahas tahun berikut madrasah mau seperti apa. Dalam pertemuan RKM tersebut adalah memotivasi para guru agar mereka tidak stagnan, kepala madrasah ingin guru harus selalu di update dan berkembang. Baik skill nya, ilmu pengetahuannya, mengajarnya, terutama kontribusinya kepada madrasah. Kedua, program pengembangan karier guru di MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep berpedoman pada aplikasi yang dibuat oleh Kemenag (Kementerian Agama) yaitu SIMPATIKA. Aplikasi tersebut memuat jenjang karier guru yang mana memuat data-data guru secara lengkap dari saat mulai masuk kerja hingga saat sekarang ini. Ketiga, faktor pendukung pengembangan karier guru ialah guru sangat giat sekali dalam pekerjaannya sehingga terlihat jelas kesungguhannya, sedangkan penghambat pengembangan karier ialah karena malas dan sulit untuk di motivasi. Artinya guru tersebut tidak mau berubah dan itu akan berakibat pada jabatannya yang juga sulit untuk berubah.
Tidak tersedia versi lain