Text
IMPLIKASI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHOPEE DI KALANGAN MAHASISWA IAIN MADURA PRODI EKONOMI SYARIAH ANGKATAN 2015
ABSTRAK
Rusmiyati, 2019. ImplikasiHargadanKualitasProdukTerhadapKeputusanPembelianProdukShopee di KalanganMahasiswa IAIN MaduraProdi EkonomiSyariahAngkatan 2015, Skripsi, Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Eko Ariwidodo, M. Phil.
Kata Kunci:Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian
Perdagangan melalui media online sekarang sudah banyak di perbincangkan di kalangan masyarakat, dan sudah banyak para konsumen melakukan pembelian di media online karena keterjangkauan waktu, jarak dan biaya. Banyak konsumen mengetahui bahwa harga barang yang ditawarkan di media online jauh lebih murah dibandingkan di toko offline, sehingga banyak yang berpindah ke media online untuk berbelanja guna memenuhi kebutuhan. Namun, kenyataannya banyak barang yang di tampilkan pada gambar di situs online tersebut tidak sesuai dengan harga dan kualitas produknya.Harga merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang dan jasa sehingga menimbulkan kepuasan konsumen. Kualitas produk merupakan sesuatu yang diputusakan oleh pelanggan yang didasarkan pada pengalaman aktual konsumen terhadap produk atau jasa yang diukur berdasarkan persyaratan-persyaratan tersebut. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Shopee di kalangan mahasiswa IAIN Madura prodi Ekonomi Syariah angkatan 2015, dan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian.
Metodepenelitiandalampenelitiantersebutmenggunakanmetoderegresi linier bergandadenganjenispenelitiankausal yang bertujuanuntukmengetahuibesarpengaruhantaravariabelbebasdenganvariabelterikat. Tekniksampel yang digunakanyaitutekniksampelaccidential, jumlahsampeldalampenelitiantersebutberjumlah124responden. Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif. Teknikpengumpulan data yang digunakandenganmenggunakankuesioner (angket).
Hasilpengelolaan data penelitiandiperolehregresi linier berganda Y= 15,264 + 0,076 + 0,290 + e, danhasiluji t (Tabel Coefficients) variabelhargadiperolehnilai t hitungsebesar1,319sedangkanstatistic tabel(t Tabel) diperolehdaritabel t (α=5%;42) sebesar 1,660, artinyattabel>thitung(1,660>1,319). Namundenganvariabelkualitas produkdenganhasiluji t (Tabel Coefficients) diperolehnilai t hitungsebesar6,163sedangkanstatistic tabel (t Tabel) dieperolehdaritabel t (α=5%;42) sebesar 1,660, artinyattabel6,163). Hasiluji F tersebutdiperolehnilaiFhitungsebesar11,897dengantingkatsignifikansebesar 0,000 (lebihkecildarinilaisignifikan 0,05) sedangkannilaiFtabelsebesar 3,07. Hal iniberartibahwanilaiFhitung11,897>Ftabel 3,07dantingkatsignifikan 0,000
Tidak tersedia versi lain