Text
STRATEGI PENGELOLAAN USAHA PEDAGANG KAKI LIMA DI AREA MONUMEN AREK LANCOR PAMEKASAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM
ABSTRAK
Anisah, 2019. Strategi Pengelolaan Usaha Pedagang Kaki Lima di Area Monumen Arek Lancor Pamekasan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam, Skripsi, Jurusan Ekonimi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN) Madura, Pembimbing Lely Shofa Imama, M.SI.
Kata Kunci : Strategi Pengelolaan Usaha, Pedagang Kaki Lima, Etika Bisnis Islam
Seiring dengan perkembangan persaingan bisnis yang semakin ketat, terutama dalam bidang usaha perdagangan, karena begitu banyaknya pesaing dalam perdagangan sehingga membuat pedagang perlu mengetahui strategi dalam mengelola usaha yang dijalankan, namun harus sesuai dengan etika bisnis Islam. Terdapat banyak pedagang kaki lima yang berjualan di area monumen arek lancor Pamekasan dan rata-rata produk/dagangan yang dijual hampir sama satu sama lain seperti halnya makanan dan minuman, tidak hanya satu pedagang yang memjual makanan dan minuman, akantetapi para pedagang kaki lima mampu bersaing dan bertahan di tengah banyaknya pesaing usaha di sekitarnya, namun para pedagang kaki lima mempunyai strategi sendiri dalam mengelola usahanya sehingga mampu bersaing dengang pedagan lain.
Fokus penelitian dalam masalah ini adalah: Pertama, bagaimana strategi pedagang kaki lima (PKL) dalam mengelola usaha dagangnya di area monumen arek lancor Pamekasan. Kedua, Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi yang dilakukan oleh pedagang kaki lima (PKL) di area monumen arek lancor Pamekasan.
Adapun peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara dengan metode wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah cheking (pengecekan) dan organizing (pengelompokan) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi sehingga data yang diperoleh akan dianalisis dan digambarkan secara menyeluruh sesuai dengan fenomena yang terjadi pada pedagang kaki lima di area monumen arek lancor Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, strategi yang dilakukan pedagang kaki lima di area monumen arek lancor Pamekasan yaitu menjual produk/dagangan dengan rasa dan varian menu yang berbeda dengan pedagang yang lainnya, mengutamakan kenyamanan konsumen/pelanggan dengan selalu bersikap ramah dan sabar saat melayani konsumen/pelanggan akantetapi ada sebagian pedagang yang kurang ramah saat melayani konsumen, dan selalu komitmen dalam menjaga mutu/kualitas produk/dagangan yang dijual. Kedua, kegiatan perdagangan yang dilakukan pedagang sudah sesuai dengan etika bisnis Islam karena mengelola usaha sesuai prinsip etika bisnis Islam diantaranya dengan selalu mengutamakan kejujuran, menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik pada produk/dagangan yang jual, bermurah hati dengan memberikan diskon (potongan harga) pada konumen/pelanggan, menepati janji dan bertanggung jawab.
Tidak tersedia versi lain