Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH CAFE DI KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Sella Nagita Prayuniliyanto, 2019, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Memilih Cafe Di Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Farid Firmansyah, MM.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Faktor Lingkungan, Faktor Pemasaran
Keputusan pembelian adalah proses pengambilan keputusan dalam pembelian dari sebelum membeli sampai setelah melakukan pembelian. Dalam pemecahan masalah pembelian yang bersifat ekstensif calon pembeli dapat bertolak dari keputusan mengenai penjual, karena ia ingin mendapat keterangan dari penjual yang dipercaya.
Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui dan menganalisis apakah faktor lingkungan dan faktor pemasaran berpengaruh pada keputusan konsumen dalam memilih cafe, serta ubtuk mengetahui apakah faktor lingkungan dan faktor pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih cafe di kabupaten pamekasan.
Peneliti menggunakan metode kuantitatif asosiatif, yaitu penelitian yang berusaha mencari hubungan anatara dua variabel atau lebih yang bersifat satu arah atau timbal balik (pengaruh). Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pengumpul informasi data primer. Data primer diperoleh dengan memberikan kuesioner kepada responden yang terpilih, yang berisikan pertanyaan mengenai variabel penelitian. Peneliti memperolehnya dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung kepada para konsumen cafe di kabupaten pamekasan. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis data yaitu antara lain mencari data mentah, kemudian dilanjutkan dengan pengujian statistik deskriptif, dilanjutka dengan uji kualitas data, serta yang terakhir adalajh uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama Tidak terdapat pengaruh antara faktor lingkungan terhadap keputusan konsumen dalam memilih cafe yang dilihat dari nilai uji t. Diketahui variabel faktor lingkungan (X1) diperoleh nilai thitung 0,215 dengan taraf signifikan 0,830. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,830 > 0,05 thitung 0,215 < ttabel 1,657, artinya tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih cafe. Kedua terdapat pengaruh antara factor pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam memilih cafe yang dilihat dari nilai uji t. Diketahui variabel faktor pemasaran (X2) diperoleh nilai thitung 6,484 dengan taraf signifikan 0,00. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,00 < 0,05 thitung 6,484 > ttabel 1,657, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih cafe. Ketiga Dari hasil uji hipotesis F adanya pengaruh faktor lingkungan dan faktor pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam memilih cafe. Hal ini dberarti bahwa Fhitung 26,232 > Ftabel 3,07 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, sehingga keputusannya adalah variabel X ( faktor lingkungan dan faktor pemasaran) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih cafe.
Tidak tersedia versi lain