Text
PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX PENGUSAHA PETIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN STUDI KASUS DI UD. RAHMAD DESA PELTONG KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Sarifatul Jannah, 2019, “Penerapan Strategi Marketing Mix Pengusaha Petis dalam Upaya Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus di UD. Rahmad Desa Peltong Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan)” Skripsi, Program Studi Ekonomi Syari’ah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. H. Nashar, SE., MM., M.Si.
Kata Kunci: Marketing Mix, Penjualan.
Setiap perusahaan pasti melakukan proses marketing (pemasaran), proses inilah yang menjadikan barang dari produsen bisa sampai ke tangan konsumen. Perlu adanya strategi khusus dalam menjalankan proses ini, fokus kegiatan ini adalah konsumen. Pelayanan konsumen harus diperhatikan sebaik mungkin demi mencapai keberhasilan dalam pemasaran yang akan mempengaruhi volume penjualan serta diharapkan mendapatkan laba yang besar, strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan yaitu strategi marketing mix. Marketing mix atau bauran pemasaran adalah seperangkat variabel pemasaran, yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan konsumen terhadap produk yang di produksinya sehingga diharapkan dapat menambah volume penjualan. Adapun variabel-variabel dari marketing mix yaitu meliputi: produk, promosi, harga dan tempat pendistribusian. Sedangkan penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena dari penjualanlah maka perusahaan akan mendapatkat laba. Berdasarkan hal tersebut maka, rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa saja strategi marketing mix perusahaan petis dalam upaya meningkatkan penjualan di UD. Rahmad Desa Peltong Kec Larangan Kab Pamekasan, bagaimana penerapannya, dan apakah sesuai dengan Syari’at Islam. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui apa saja strategi marketing mix perusahaan petis dalam upaya meningkatkan penjualan di UD. Rahmad Desa Peltong Kec Larangan Kab Pamekasan, untuk mengetahui bagaimana penerapannya, dan untuk mengetahui apakah penerapan strategi marketing mix perusahaan petis di UD. Rahmad Desa Peltong Kec Larangan Kab Pamekasan sudah sesuai dengan Syari’at islam.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan deskriptif yaitu berupa kata-kata tertulis dan perilaku dari orang yang dapat diamati. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Objek penelitian yaitu di perusahaan petis UD. Rahmad Peltong Larangan Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh perusahaan petis UD. Rahmad adalah strategi marketing mix, dan penerapannya sesuai dengan ketentuan Syari’at islam. Yakni dengan menjamin kehalalan produk, mengutamakan kejujuran, dan tidak melakukan promosi dengan mengucapkan sumpah palsu.
Tidak tersedia versi lain