Text
EKSISTENSI KIAI DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS SYARI'AH DI KOPERASI NURI JAWA TIMUR CABANG PAMEKASAN DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH
ABSTRAK
Dian Arizul Umam, 2019, Eksistensi Kiai dalam Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Syari’ah di Koperasi Syari’ah Nuri Jawa Timur Cabang Pamekasan dalam Perspektif Pemasaran Syari’ah, Skiripsi, Program Studi Perbankan Syari’ah (PBS), Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura Pamekasan, Pembimbing: Dr. Zainal Abidin, M.E.I
Kata Kunci: Eksistensi Kiai, Strategi Pemasaran Produk gadai emas syari’ah
Penelitian ini berdasarkan pada perkembangan sistem strategi pemasaran dalam penerapannya sesuai dengan srategi pemasaran dalam perspektif syari’ah, maraknya Koperasi Syari’ah berbasis pesantren, sejauh mana keterlibatan, pengaruh dan eksistensi Kiai dalam menjalankan proses penerapan strategi pemasaran. Dan dalam skripsi ini terdapat 3 fokus penelitian : pertama, bagaimana strategi pemasaran produk gadai emas syari’ah di Koperasi Syari’ah Nuri Jawa Timur Cabang Pamekasan ? kedua, Bagaimana kualitas pemasaran syari’ah dalam strategi pemasaran gadai emas syari’ah di Koperasi Syari’ah Nuri Jawa Timur Cabang Pamekasan diterapkan ? ketiga bagaimana eksistensi kiai dalam strategi pemasaran produk gadai emas syari’ah di Koperasi Syari’ah Nuri Jawa Timur Cabang Pamekasan ?
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan bersifat deskriptif, Data yang di peroleh dengan melalui observasi non partisipatif, wawancara dan dokumentasi, sumber datanya adalah Manager, staff atau karyawan, dan anggota. Adapun teknik penulisan datanya ialah dengan cara analisis non-statistik meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verivikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya ialah melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi dan metode analisis kasus negatif.
Hasil dari penelitian skripsi menunjukkan bahwa : pertama strategi pemasaran pada produk gadai emas syari’ah di Koperasi Syari’ah Nuri Jawa Timur Cabang Pamekasan menggunakan strategi pemasaran dengan tiga pendekatan, yaitu pendekatan emosional, pendekatan antar alumni, dan pendekatan dengan instansi dengan program yang ditawarkan untuk menarik minat anggota untuk memakai produk gadai emas syari’ah. Kedua kualitas pemasaran syari’ah dalam strategi pemasaran ialah dengan tujuan yang ingin di capai ialah dengan meningkatkan Ukhuwah islamiyah, mengamalkan ilmu yang di peroleh dari pesantren menurut al-qur’an dan hadist sehingga tidak keluar dari syari’at, dengan bertujuan Mengabdi kepada pesantren, dengan menerapkan transparansi melalui muqoddimul akad, dan dengan pelayanan yang ramah, melaksanakan kegiatan sosial, sholat dhuha dan menolak riswah. Ketiga eksistensi kiai dalam strategi pemasaran, ialah dibuktikan dengan mayoritas anggota merupakan alumni, anggota mengharapkan barokah dengan istilah ngalap barokah dari mengambil pembiayaan gadai emas syari’ah dan penerapapan akadnya yang syari’ah.
Tidak tersedia versi lain