Text
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS AL-MUKHLISIN KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Muhammad Rif’an Firmansyah Mintarso, 2019, Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kognisi Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Al-Mukhlisin Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M. Ag.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Kognisi Siswa, Fiqih
Penggunaan media dalam suatu pembelajaran merupakan hal penting yang harus diperhatikan termasuk penerapan media audio visual dalam pembelajaran fiqih. Karena media pembelajaran dapat membantu memaksimalkan keberhasilan suatu pembelajaran. Penerapan media audio visual dalam pembelajaran akan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran, sehingga hal ini akan berdampak pada kemampuan kognisi siswa yang semakin meningkat.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 permasalahan yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini, yaitu : 1. Bagaimana penerapan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Al-Mukhlisin Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan? 2. Bagaimana langkah-langkah meningkatkan kognisi siswa pada pembelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Al-Mukhlisin Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan? 3. Bagaimana gambaran keberhasilan peningkatan kognisi pada pembelajaran fiqih di kelas VIII setelah penerapan media audio visual di MTs Al-Mukhlisin Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (deve;opmental research) yang dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya, perilaku, persepsi, motivasi, tindakan,dll dengan cara deskripsi. Lokasi penelitian ini yaitu di MTs. Al-Mukhlisin Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Sumber data diperoleh dari guru fiqih, kepala sekolah dan siswa melalui prosedur pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang mendalam, dan triangulasi. Adapun tahap penelitian ini melalui tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan,analisis data dan penulisan laporan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1. Penerapan media audio visual di MTs AL-Mukhlisin Galis berjalan dengan lancar, efektif dan efisien. 2. Langkah-langkah peningkatan kognisi siswa dengan penerapan media audio visual dilakukan dengan benar dan sesuai dengan memperhatikan langkah-langkah peningkatan kognisi yang ada. 3. Hasil belajar siswa setelah penerapan media audio visual meningkat, siswa antusias dalam pembelajaran dan kemampuan siswa dalam memahami materi semakin meningkat hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognisi siswa semakin meningkat.
Kesimpulan dari hasil penelitan ini adalah penerapan media audio visual dengan menggunakan langkah-langkah yang benar dapat meningkatkan kognisi siswa dalam berbagai aspek kognisi.
Tidak tersedia versi lain