Text
NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM AL-QUR’AN SURAH YŪSUF
ABSTRAK
Shaliadi, Ikrom. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Moral dalam al-Qur’an Surah Yūsuf. Tesis Program Magister (S2), Pendidikan Studi Agama Islam (PAI) Pascasarjana IAIN Madura, pembimbing: Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag. dan Dr. Maimun, S.Ag.,M.H.I
Kata kunci: Nilai, Pendidikan, Moral, Surah Yusuf
Pendidikan moral memilki peran substansial baik dalam dunia pendidikan maupun dalam realitas kehidupan. Eksistensinya tidak bisa dipisahkan sepanjang sejarah keberadaan manusia. Diantara pesan penting yang disampaikan al-Qur’an menyangkut urgensi moral, salah satunya terkandung dalam surah Yūsuf. Surah ini memilki banyak kelebihan dan keunikan, selain diistimewakan oleh Allah dengan sebutan sebaik-baik kisah (Ahsnul Qasash), didalamnya juga banyak sekali memuat nilai-nilai pendidikan moral.
Adapun masalah yang hendak diangkat dalam penelitan ini adalah: Apa saja nilai-nilai pendidikan moral yang terkandung dalam surah Yūsuf? Bagaimana cara al-Qur’an menuturkan nilai-nilai pendidikan moral dalam surah Yūsuf? Bagaimana tahapan nilai-nilai pendidikan moral dalam surah Yūsuf?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi pustaka (library reaserch), sehingga pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik dokumentasi, yaitu menggali data sebanyak mungkin melalui sumber data primer, yaitu al Qur’an surah Yūsuf, yang didukung dengan sumber data sekunder. Selanjutnya setelah data terkumpul, dilanjutkan dengan menganalisa data dengan metode analisis isi (content analysis), yaitu; memilah, mengklasifikasi, menginterpretasi, melakukan cek keabsahan data, dan kemudian menyimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai-nilai pendidikan moral di dalam surah Yūsuf meliputi: moral kepada Allah (moral spiritual), moral kepada diri sindiri, moral kepada orang lain (moral sosial), moral terhadap lingkungan dengan cara menjaga dan melestarikannya. Selanjutnya cara al-Qur’an dalam menuturkan nilai-nilai pendidikan moral dalam surah Yūsuf yaitu melalui penggambaran kisah dengan mendiskripsikan tokoh; petama; mendiskripsikan persona Yūsuf as. (as-syakhsy) dengan penyebutan; 1) Min al muhsinin, dan 2) Min as Shādiqīn. Ke dua, mendiskripsikan proses dialog tokoh Yusuf dengan orang di sekitarnya (al –hiwar) Ke tiga, melalui rangkaian peristiwa (al-haditsah) yang dialami tokoh Yusuf. Adapun tahapan nilai-nilai pendidikan moral dalam surah Yūsuf melalui rangkaian: Al-ijtiba’wa at-tarbiyah, at-Ta’lim dan an-Nubuwah, yaitu penyematan kenabian setelah semua episode Ijtiba’ dan Ta’lim telah sempurna.
Tidak tersedia versi lain