Text
DAMPAK PEMBACAAN SURAT YASIN SEBELUM PELAJARAN DIMULAI TERHADAP PENINGKATAN RELIGIUSITAS SISWA DI MA AZ-ZUBAIR SUMBER ANYAR TLANAKAN PAMEKASAN
Abstrak
Indana Khoirul Abidah, Dampak Pembacaan Surat Yasin Sebelum Pelajaran Dimulai Terhadap Peningkatan Religiusitas Siswa di MA Az-Zubair Sumber AnyarT lanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, JurusanTarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing, Dr. Edi SusantoM.FiL.l.
Kata Kunci :Pembacaan Surat Yasin, Peningkatan Religiusitas
Dunia pendidikan kini sedang bersaing melakukan upaya untuk menemukan program baru dalam meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan dilembaga mereka , agar tidak kalah dengan lembaga lainnya. Pembacaan surat yasin merupakan program yang diterapkan di MA Az-Zubair sebagai salah satu upaya mengembangkan serta meningkatan kecerdasan siswa khususnya kecerdasan spritualnya. Karena, pendidikan bukanlah sekedar mementingkan dari salah satu dari tiga aspek kecerdasan manusia yang berupaIntelektual, Emosional dan Spritual, akan tetapi pendidikan membina terhadap ketiga-tiganya. Perkembangan zaman yang secara perlahan-lahan mengurangi akhlak serta keberagamaan remaja membuat pendidikan harus memperhatikan masa depan mereka dengan baik agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan pembacaan surat yasin sebelum pelajaran dimulai di MA Az-Zubair Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan. Kedua,bagaimana tingkat religiusitas siswa MA Az-Zubair sumber anyar tlanakan Pamekasan. Ketiga,bagaimana dampak kegiatan pembacaan surat yasin terhadap peningkatan religiusitas siswa MA Az-Zubair sumber anyar Tlanakan pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Informannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa MA Az-Zubair. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan peneliti, triangulasi, analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,pelaksanaan pembacaan surat yasin dilakukan setiap hari aktif sekolah, yang dipimpin oleh anggota osis secara silih berganti yang terjadwal, serta diikuti seluruh siswa secara berjamaah. Pelaksanaan pembacaan surat yasin dimulai pada jam 06.45 sampai jam 07.00. Kemudian, dilanjutkan dengan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Kedua,Tingkat religiusitas seseorang dapat diukur dari lima (5) dimensi yakni, keyakinan, peribadatan, penghayatan, pengetahuan agama, dan pengalaman serta konsekuwensi. Sebab, dengan terlaksananya pembacaaan surat yasin merupakan cara mempertahankan serta meningkatkan tingkat religiusitas siswa di MA Az-Zubair yang dilihat dari aspek sikap atau tingkah lakunya. Ketiga,dampak kegiatan pembacaan surat yasin terhadap peningkatan religiusitas siswa MA Az-Zubair berupa; Terbiasa dalam membaca al-Qur’an, meningkatkan kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spritual, memberikan ketenangan jiwa dan hati, serta menumbuhkan akhlak yang baik.
Tidak tersedia versi lain