Text
KINERJA GURU DI MTS KHOLID BIN WALID BANGKES KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Mohammad Hafid, 2018,Kinerja Guru di MTs Kholid Bin Walid Bangkes Kadur Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Institut Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Drs. H. SaifulArif, M.Pd.
Kata Kunci: KinerjaGuru
Kinerja guru merupakan tingkat keberhasilan seseorang atau kelompok dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab dan wewenang standar kinerja telah ditetapkan selama periode tertentu dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Fokus Penelitian ini ada tiga, yaitu:Pertama, Bagaimana Kinerja Guru di MTs Kholid Bin Walid Bangkes Kadur Pamekasan? Kedua, Apakah faktor pendukung dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Kholid Bin Walid Bangkes Kadur Pamekasan? Ketiga, Apakah Faktor Penghambat dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Kholid Bin Walid Bangkes Kadur Pamekasan?
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obseravasi dan dokumentasi, informannya adalah Kepala Madrasah, Guru dan Siswa kelas VIII dan Siswa kelas IX. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan serta triangulasi.
Hasil penelitian fokusPertama, Kinerja Guru di MTs Kholid Bin Walid Bangkes Kadur Pamekasan.a) Guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar. b) Guru mengunakan metode yang bervariasi. c) Menjadi suri tauladan bagi siswanya. Fokus Kedua, faktor pendukung dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Kholid Bin Walid Bangkes Kadur Pamekasan. a) Sarana dan prasarana kelas seperti alat-alat praktek dan proyektor. b) Fasilitas untuk guru seperti kamar mandi, tempat untuk wudhu, dan Mushalla sudah disediakan oleh pihak sekolah. FokusKetiga, Faktor Penghambat dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Kholid Bin Walid Bangkes Kadur Pamekasan. a) Tingkat kesadaran belajar siswa masih lemah. b) Ada sebagian guru datang terlambat yang disebabkan jarak rumah guru dengan madrasah jauh. c) Kesejahteraan (gaji) guru minim.
Tidak tersedia versi lain