Text
UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA MELALUI STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH (SKUA) DI MA AN-NAJAH I KARDULUK PRAGAAN SUMENEP
ABSTRAK
A. Naufil 2018, Upaya Guru Dalam Membentuk Akhlak Siswa Melalui Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (SKUA) Di MA An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prodi PAI, Pembimbing Drs.H. Saifull Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Membentuk Akhlak dan SKUA
Standar Kecakapan Ubudiyah dan AkhlakulKarimah (SKUA) adalah kebijakan program pendidikan yang diformulasikan dalam rangka memberikan penguatan terhadap materi Pendidikan Agama Islam serta memberikan solusi terhadap Baca-tulis Al-Qur’an, Ubudiyah dan Akhlakul-Karimah bagi madrassah.
Bersadarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana langkah-langkah guru dalam membentuk akhlak siswa melalui Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul karimah (SKUA) di MA An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep. Kedua, apa saja faktor pendukung upaya guru dalam kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) di MA An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep. Ketiga, apa saja faktor penghambat upaya guru dalam kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA dalam pembentukan akhlakul kariamah siswa di MA An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsi, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, triangulasi, kecukupan referensial.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Pertama, Langkah-langkah guru dalam membentuk akhlak siswa melalui SKUA yakni ada beberapa poin yaitu: a). Guru mengajarkan materi ajar SKUA beserta dengan prakteknya. b). Guru mengajarkan pembinaan ilmu terhadap siswanya, bahwa guru tidak hanya membina ilmu, akan tetapi juga membina akhlak mereka. c). Guru memberikan solusi terhadap kesulitan-kesulitan yang ada pada diri siswa yang terkait dengan akhlak mereka. Kedua, Faktor yang mendukung upaya guru dalam kegiatan SKUA dalam membentuk akhlak siswa yakni ada beberapa poin yaitu: a). Kegiatan SKUA merupakan ketentuan wajib yang harus dilakukan siswa. b). Adanya motivasi dari guru yang menambah semangat siswa untuk memperbaiki sikap dan membentuk akhlak mereka menjadi lebih baik. c). Keinginan dari setiap siswa itu sendiri yang menginginkan agar dirinya berubah menjadi lebih baik, terutama yang bersangkutan dengan akhlak dan tingkah laku mereka. Ketiga, Faktor yang menghambat upaya guru dalam kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (SKUA) di MA An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep yaitu: a). Ada beberapa guru yang tingkat kometmennya untuk berbicara pada pembentukan akhlakul karimah siswa masih rendah. b). Tingkat kesadaran beberapa siswa untuk menunjukkan sikap akhlakul karimah masih rendah. c). Kurangnya kedisiplinan siswa sehingga telat dan itu menyebabkan siswa tersebut tidak bisa mengikuti kegiatan SKUA.
Tidak tersedia versi lain