Text
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI BIMBINGAAN KEPALA SEKOLAH DI MI. NURUS SHOLAH BATULABANG AKKOR PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Muhammad Mukhlish, 2018.Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Bimbingan Kepala Sekolah di MI. Nurus Sholah Batulabang Akkor Palengaan Pamekasan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Meningkatkan Kinerja Guru, Bimbingan kepala Sekolah.
Terdapat Tiga hal yang menjadi inti fokus permasalahan dalam penelitian ini,pertamabagaimanakinerjaguru di MI. NurusSholahBatulabangAkkorPlengaanPamekasan, keduabagaimanaupayameningkatkankinerja guru melaluibimbingankepalasekolah, ketigakendala apa saja yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja guru melalui bimbingan kepala sekolah di MI. Nurus Sholah batulabang Akkor Palengaan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data adalah Guru, kepala sekolah, dan siswa di MI. Nurus Sholah Batulabang Akkkor Palengaan Pamekasan. prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi.
Hasil penelitian dari permasalahan yang pertama,keadaan kinerja guru di MI. Nurus Sholah baik aktif walaupun ada sebagian guru yang tidak mengikuti aturan kedua yaitu Bagaimana upaya Bimbingan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Di MI. Nurus Sholah Batulabang Akkor palengaan Pamekasan adalah adanya pembinaan rutin, kepala sekolah mengadakan rapat yang dilakukan bersama para guru, terkadang hanya bersama wali kelas, dan juga para staf, supervisi klinik, musyawarah guru mata pelajaran, kepala sekolah juga sering mengikut sertakan guru untuk mengikuti diklat atau penataran, melengkapi sarana dan prasarana. Dengan demikian kepalasekolah juga mengadakan perencanaan, pengorganisasian, penggerak, pengordinasian, pengarahan, dan pengawasan atau pemantauan.Sedangkan hasil peneltian dari permasalahan ketiga, yaitu kendala yang di hadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Di MI. Nurus Sholah Batulabang Akkor palengaan Pamekasan adalah, bagaimana cara kepala sekolah mengatur pengelolaan guru, pembinaan program pengajaran, pembinaan kesiswaan, pembinaan staf, anggaran Belanja dan Fasilitas Sekolah, anggaran belanja sekolah, merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana. sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, prasarana merupakan segala sesuatu yang secara tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Dan juga adanya perubahan kurikulum yang berubah-ubah, dan juga dengan cara mengelola lingkungan sekolah.Juga keterbatasan pendanaan dan perbedaan SDM guru. Maka solusi yang dilakukan kepala dalam menghadapi kendala yaitu dengan mengadakan evaluasi lebih lanjut, mengadakan musyawarah guru mata pelajaran, membimbing para guru, dan juga memberikan arahan yang efektif dan demokratif pada guru-guru di sekolah.
Tidak tersedia versi lain