Text
URGENSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SDN DABUAN II KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Mustain, 2019. Urgensi Psikologi Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar di SDN Dabuan II Tlanakan Pamekasan . Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, IAIN Madura, Pembimbing:Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Psikologi Pendidikan,Pembelajaran PAI
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, pertamaGambaran Psikologi Pendidikan Dalam Pembelajaran PAI di SDN Dabuan II Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan? Kedua Cara KerjaUrgensi Psikologi Pendidikan Dalam Pembelajaran PAIdi SDN Dabuan II Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan? Dan ketiga Hasil Dari Penerapan Psikologi Pendidikan Dalam Pembelajaran PAIDi SDN Dabuan II Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan oleh peneliti melalui kegiatan interview, observasi, dan analisis dokumentasi. Informan dari peneliti ini adalah kepala sekolah, para guru dan siswa yang ada di SDN Dabuan II Tlanakan Pamekasan. teknik yang digunakan untuk mengecek kredibilitas data yaitu perpanjangan kehadiran penelitian, observasi mendalam, uraian rinci dan juga triangulasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.
Hasil dari penerapan urgensi psikologi pendidikan dalam pembelajaran pai yaitu Takzim kepada Guru, sangat peduli terhadap lingkungan, kebersihan kelas, sebagian siswa semangat dalam pembelajaran dan, kebiasaan siswa di sekolah mulai ada perbaikan, baik dari sikapnya, perilakunya dan perkataannya juga nilai-nilai keagamaannya. Pada umumnya tujuan dari Urgensi pendidikan psikologi dalam pembelajaran Pai yang dilakukakan di SDN Dabuan ini semata mata ingin memberikanPembelajaran Pendidikan agama Islam yang mengajarkan tentang nilai-nilai sosial, ibadah, moral dan ketauhidan. Keberhasilanpendidikanagama Islam tercermindalamtingkahlakumasyarakat yangberakhlakbaik, memilikikepeduliansosial yang bagus, danmasyarakat yang rajinberibadah.Apabila di dalamsuatumasyarakatadabanyakmasalahataupertikaianitumenunjukkanbahwapendidikan Islam belummampu di terimaolehmasyarakat
Tidak tersedia versi lain