Text
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMPN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Anggraini Putri Rahayu, 2019, Peran Guru PAI Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural di SMP Negeri 2 Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, FakultasTarbiyah, Pembimbing : Dr. H. Nor Hasan, M. Ag
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Pendidikan Multikultural
Negara Indonesia adalah Negara yang multikultur terdiri atas berbagai macam suku bangsa lainnya. Adanya perbedaan tersebut tidak hanya memberikan keunikan yang menarik namun juga dapat menimbulkan konflik, beberapa konflik dan kekerasan mewarnai perjalanan negeri ini. Tentu, penyebab konflik tersebut banyak sekali tetapi kebanyakan disebabkan oleh perbedaan suku, agama, ras, etnis, dan budaya, serta golongan tertentu dalam mengklaim kebenaran golongan lain.
Pendidikan agama Islam berwawasan multikultural yang selama ini kita kenal merupakan salah satu langkah yang sangat strategis untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama generasi muda, agar mereka lebih memahami dan mampu menerapkannya. Penerapan pendidikan multikultural akan berjalan baik karena adanya guru pendidikan agama Islam yang sangat berperan penting terhadap siswa atau peserta didik sehingga mereka mampu mengimplementasikan dalam bentuk interaksi kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di luar sekolah.
SMP Negeri 2 Pamekasan merupakan salah satu sekolah yang memiliki ciri khas dan keunikan sendiri. SMP Negeri 2 Pamekasan memiliki latar belakang peserta didik yang berbeda suku, bahasa, dan agama. Namun yang menarik, dari siswa yang berbeda agama, suku, maupun bahasa mereka dapat hidup berdampingan dengan rukun, harmonis, saling menghargai, dalam satu kelas ataupun sekolah.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu : (1) keberagaman multikultural di SMP Negeri 2 Pamekasan, (2) peran guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural di SMP Negeri 2 Pamekasan, (3) faktor pendukung dan penghambat pendidikan multikultural di SMP Negeri 2 Pamekasan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keberagaman multikultural di SMP Negeri 2 Pamekasan, (2) untuk mengetahui peran guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural di SMP Negeri 2 Pamekasan, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan multikultural di SMP Negeri 2 Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, informannya adalah wakil kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keberagaman yang ada di SMP Negeri 2 Pamekasan ada perbedaan latar belakang suku, dan juga latar belakang agama. (2) peran guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural sudah efektif sehingga dapat menumbuhkan sikap toleransi yang baik untuk siswa dan siswi di sekolah dengan cara pertama guru menjadi contoh teladan dan memberikan beberapa metode terhadap siswa dan siswi pada saat proses belajar mengajar dalam bersikap toleran, saling menghargai, saling tolong menolong terhadap semua orang yang ada dalam lingkungan sekolah. (3) Faktor pendukung dari pendidikan multikultural ini yaitu lingkungan sekolah, sarana prasarana sekolah, kurikulum sekolah, peran guru khususnya guru PAI, program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah serta peserta didik yang sekolah di SMP Negeri 2 Pamekasan. Untuk faktor penghambat peneliti menemukan bahwa kurangnya dukungan orang tua peserta didik dalam menerapkan pendidikan multikultural dan kedua karena kurang waktu, waktu yang terbatas dan kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar sehingga belum sepenuhnya pendidikan multikultural belum terlaksana.
Tidak tersedia versi lain