Text
PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VIII MTS DARUL ULUM BANYUANYAR POTOAN DAYA PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Wahid Abdillah, 2018 : Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII Di MTs Darul Ulum Banyuanyar, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing Dr. Edi Susanto, M. Fil. I
Kata Kunci :Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui manfaat atau tidaknya penerapan metode diskusi di sekolah, sebagaimana kita ketahui banyak sekolah-sekolah yang menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran yang diberikan kepada siswa dan dianggap dapat membuat pembelajaran lebih mudah dipahami dan jauh dari kesan monoton dan dapat membantudalam tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok penelitian, pertama; pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqh kelas VIII di MTs Darul Ulum Banyuanyar, kedua; seberapa besar pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Darul Ulum Banyuanyar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik, yaitu mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y. Yang termasuk variabel X adalah metode diskusi, sedangkan variabel Y adalah prestasi belajar siswa.
Populasi penelitian adalah semua siswa MTs Darul Ulum Banyuanyar kelas VIII yang berjumlah 150 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data mulai tanggal 05 september sampai 31 oktober 2018, dan tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan tehnik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqh kelas VIII MTs Darul Ulum Banyuanyar. Hal ini terbukti bahwa nilai “r” kerja adalah 0,77 yang interpretasinya lebih besar daripada nilai “r” tabel pruduct momen yaitu dimana pada interval kepercayaan 5% atau 95% adalah 0,254, dan 1% atau 99% adalah 0,330, dan mempunyai pengaruh yang kuat atau tinggi karena nilai “r” tabel kerja berada dalam rentangan 0,70 sampai 0,90.
Berdasarkan hasil penelitian maka kepada kepala sekolah dan para guru yang sudah menggunakan metode diskusi untuk terus mengembangkan secara lebih profesional agar membuahkan hasil yang optimal dan maksimal. Dan seluruh siswa seharusnya mendukung, antusias dan lebih kompak agar dengan metode diskusi yang dipraktekkan di madrasah dapat berkembang secara optimal dan maksimal.
Tidak tersedia versi lain