Text
STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-GHAZALI ROMBASAN KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP
ABSTRAK
Lathifatuz Zahroh, 2019, Strategi Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ghazali Rombasan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M. Fil. I.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pembinaan Akhlak
Pendidikan memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi mendatang. Hal itu sungguh penting dilakukan mengingat semakin merosotnya akhlak siswa. Pentingnya pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru kepada siswa supaya mereka mampu menjadi generasi muslim dan muslimah yang tidak hanya unggul dalam prestasi namun juga berakhlak mulia, serta akhlak merupakan bekal hidup dalam mencapai kebahagiaan .
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana akhlak siswa di MI Al-Ghazali Rombasan KecamatanPragaan Kabupaten Sumenep?; Kedua bagaimana strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa di di MI Al-Ghazali Rombasan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep?; Ketiga bagaimana hasil dari pembinaan akhlak siswa di MI Al-Ghazali Rombasan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep?;
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, akhlak siwa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ghaazali sebelum dilakukan pembinaan oleh guru kurang baik hal itu ditunjukkan dengan perilaku siswa dilingkungan sekolah seperti bertengkar, saling mengejek, tidak mendengarkan penjelasan guru pada saat pembelajaran berlangsung, keluar masuk tanpa idzin, dan yang paling penting akhlak siswa terhadap guru; kedua, strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ghazali Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep melalui keteladanan guru, melalui pembiasaan (shalat dhuha dan dzuhur berjama’ah, membaca juz’amma sebelum pembelajaran dimulai, penyambutan siswa setiap pagi dan pembiasaan infaq dan shadaqah), melalui nasihat dan hukuman; dan ketiga, hasil dari pembinaan akhlak siswa setelah dilakukan beberapa strategi oleh guru yaitu perilaku siswa terdapat perubahan yang signifikan menjadi lebih baik walaupun efektifnya tidak bertahan begitu lama artinya guru harus selalu melakukan pembinaan terhadap akhlak siswa.
Tidak tersedia versi lain