Text
PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH DINIYAH NURUL HIDAYAH LEMBUNG GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Nikmatus Zahrah, 2018, Pembelajaran Fiqih Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Lembung Galis Pamekasan, Skripsi Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: H. R. Taufiqur Rahman, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pembelajaran Fiqih, Lingkungan, Motivasi Belajar
Lingkungan merupakan salah satu sumber belajar yang amat penting dan memiliki nilai-nilai yang sangat berharga dalam rangka proses pembelajaran siswa. Lingkungan dapat memperkaya bahan dan kegiatan belajar sehingga salah satu cara guru yang dapat memotivasi siswa dalam belajar yaitu dengan cara malakukan proses pembelajaran berbasis lingkungan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Langkah-langkah Guru dalam proses pembelajaran fiqih berbasis lingkungan untuk mrningkatkan Motivasi Belajar siswa di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Lembung Galis Pamekasan, Kedua, Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran fiqih berbasis lingkungan untuk mrningkatkan Motivasi Belajar siswa di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Lembung Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Lembung Galis Pamekasan, guru pengajar Fiqih, serta siswa Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Lembung Galis Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, langkah-langkah guru dalam proses pembelajaran fiqih berbasis lingkungan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Lembung Galis Pamekasan, yaitu : Memberikan materi pembelajaran fiqih dan melaksanakan praktek fiqih dan Melakukan pergantian metode belajar dalam pembelajaran fiqih seperti menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan praktek. Kedua, faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran fiqih berbasis lingkungan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Lembung Galis Pamekasan, bahwa faktor pendorong nya yaitu kelengkapan sarana dan prasarana dan adanya motivasi belajar siswa dan pemberian nasehat, pemberian nilai dan hadiah dari guru pengajar. Sedangkan faktor penghambat dalam proses pembelajaran fiqih berbasis lingkungan, yaitu alokasi waktu belajar yang kurang maksimal.
Agar motivasi belajar siswa tumbuh dengan baik dalam proses belajar mengajar maka guru diharapkan mampu menggunakan lingkungan yang cocok bagi siswa dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Tidak tersedia versi lain