Text
PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IX MTS TARBIYATUS SHIBYAN PAYUDAN DUNGDANG GULUK-GULUK SUMENEP TAHUN 2018
ABSTRAK
Siti Romlah, 2019, Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX MTs. Tarbiyatus Shibyan Payudan Dungdang Guluk-Guluk Sumenep tahun 2018, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Moh. Hafid Effendy, M. Pd.
Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Motivasi Belajar, Fiqih
Pembelajaran dengan pendekatan Kontekstual prinsipnya adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Sejatinya, pendekatan kontekstual dapat menumbuhkan dorongan untuk belajar, terlebih lagi dalam pembelajaran yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim, misalnya Fiqih. Tantangan dalam Pendidikan Islam salah satu diantaranya adalah pendekatan yang dapat membangun karakter siswa. Karenanya perlu pendekatan yang solutif dan mampu mengatasi tantangan tersebut. Sehingga mata pelajaran Fiqih yang dipelajari siswa di kelas mampu di transfer tidak hanya secara teoritik saja, bahkan sampai pada konsep dan penerapan dalam kehidupan siswa sehari-hari, hingga sesuai dengan tuntutan Islam itu sendiri.
Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, dengan pendekatan kuantitatif korelatif, yang bertujuan menemukan adanya pengaruh antara variabel X (pendekatan kontekstual) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa), dan untuk mengetahui tingkat pengaruh antara kedua variabel tersebut. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah angket siswa. Sedangkan pengumpulan data dengan teknik lainnya seperti dokumentasi, observasi, dan wawancara, peneliti gunakan sebagai tambahan data pendukung. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas IX MTs. Tarbiyatus Shibyan Payudan Dungdang yang berjumlah 24 siswa. Sehingga penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian Populasi, karena Populasi yang kurang dari 100 maka semua dijadikan sampel. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa data statistik dengan teknik Korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas IX MTs. Tarbiyatus Shibyan Payudan Dungdang tahun 2018. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis, dimana nilai rxy diperoleh sebesar 0,620. Sedangkan Harga Kritik r Product Moment pada df 22 pada taraf interval 5% adalah 0,404 dan pada taraf kepercayaan 1% adalah 0,515. Berarti nilai rxy berada diatas Harga Kritik Product Moment dengan perbandingan 0,404 > 0,620 pada taraf interval 5%, dan 0,515 > 0,620 pada taraf kepercayaan 1%. Sedangkan uji hipotesis untuk mengetahui tingkat pengaruh variabel X terhadap variabel Y, diketahui bahwa rxy (0,620) bergerak pada rentang 0,600 dan 0,800 dengan interpretasi cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas IX MTs. Tarbiyatus Shibyan Payudan Dungdang Gulu-guluk Sumenep tahun 2018 dengan tingkat pengaruh Cukup.
Tidak tersedia versi lain