Text
KETERLIBATAN ANAK DIDIK DALAM MENATA RUANG KELAS UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ayu Sasmitawati, 2019, Keterlibatan Anak Didik Dalam Menata Ruang Kelas Untuk Memotivasi Belajar Siswa Di MAN 2 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah M. Ag
Kata Kunci : Anak didik, menata ruang kelas
Madrasah Aliyah negeri 2 Pamekasan merupakan Sekolah Menengah Atas Negeri yang berada di bawah naungan Kemenag, yang mana lembaga tersebut tidak hanya melibatkan guru dalam berperan di kelas tetapi juga memberikan kebebasan kepada siswa/siswi untuk berperan di dalam kelas agar kelas lebih kondusif dan siswa/siswi merasa nyaman di kelas, Lembaga pendidikan ini memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan lembaga yang lebih baik. Dengan latar belakang yang tidak hanya melahirkan generasi baru yang berprestasi akademik namun juga memiliki keterampilan. Hal tersebut sesuai dengan visi misi MAN 2 Pamekasan yang mencetak siswa/siswi bertanggung jawab, terampil, dan berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam permasalahan ini, yaitu: Pertama, bagaimana peran peserta didik dalam menata ruang kelas di MAN 2 Pamekasan. Kedua, bagaimana motivasi belajar siswa di MAN 2 Pamekasan. Dan yang ketiga, apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam menata ruang kelas
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran, penggunaan bahan referensi dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Dalam kegiatan keikut sertaan siswa terlibat terhadap penataan ruang kelas, banyak kegiatan yang dibuat oleh MAN 2 Pamekasan. Kedua, Guru selalu memberikan motivasi kepada peserta didik untuk lebih giat dalam belajar, agar tidak terpengaruh pada pergaulan tidak baik karena pergaulan sangat penting untuk mempengaruhi peserta didik. Tidak hanya itu guru juga melakukan beberapa usaha untuk peserta didik agar yang belum termotivasi dapat berubah menjadi lebih baik lagi dan dapat meraih cita-cita mereka. Dan yang ketiga Hambatan dalam penataan ruang kelas adalah seperti halnya ketidak kompakan dalam kelas, faktor cuaca, fasilitas yang tidak memadai, minimnya keterampilan dan kekreatifan.
Sedangkan faktor pendukung dalam penataan ruang kelas adalah kekompakan dalam kelas, cuaca yang mendukung, dan fasilitas yang memadai.
Tidak tersedia versi lain