Text
PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU GHASHAB SANTRI DI ASRAMA AISYAH SABILILLAH SAMPANG
Hafawati, 2019, Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Ghashab Santri di Asrama Aisyah Sabilillah Sampang, Skripsi, Jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing : Dr. H. Mohammad Hasan, M.Ag
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Ghashab
Pendidikan agama Islam merupakan bagian pendidikan yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian peserta didik sedangkan ghashab merupakan salah satu perilaku yang menyimpang dari ajaran Islam yang sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan santri sehingga dengan adanya pendidikan agama Islam diharapkan dapat membimbing para santri agar tidak terbiasa melakukan perbuatan tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku ghashab santri di asrama Aisyah Sabalillah Sampang; Kedua, apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku ghashab santri di asrama Aisyah Sabilillah Sampang; ketiga, apa saja manfaat pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku ghashab santri di Asrama Aisyah Sabilillah Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah pengasuh, ustadzah dan santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku ghashab santri di asrama Aisyah Sabilillah Sampang yaitu: Memberikan materi pelajaran tentang ghashab melalui program fiqh, Melaksanakan metode punishment (hukuman) jika terjadi ghashab. Serta adanya Penggunaan metode diskusi untuk memahami materi pendidikan agama Islam khususnya tentang ghashab. Kedua, faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku ghashab santri di Asrama Aisyah Sabilillah Sampang yaitu: Faktor individu, karena lemahnya kesadaran dari santri untuk tidak berbuat ghashab serta suka meremehkan perilaku ghashab, Faktor Lingkungan karena adanya santri yang menggashab jadi santri yang lain juga ikut mengghashab dan adanya pola interaksi yang terlalu dekat yang menganggap semua santri itu seperti keluarga. Ketiga, manfaat pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku ghashab santri di Asrama Aisyah Sabilillah Sampang yaitu: Santri memahami materi pendidikan agama Islam khususnya tentang ghashab. Adanya perubahan dari diri santri yang biasa melakukan ghashab sudah mulai meninggalkan perbuatan tersebut. Serta adanya pembiasan dari santri untuk tidak mengghashab
Tidak tersedia versi lain