Text
INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP RELIGIUS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Luthfah Kinayatul Wahidah, 2019, Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Religius Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 PAmekasan, Skripsi, Jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M. Fil. I.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilia-nilai Agama, Sikap
Dalam dunia pendidikan saat ini pembinaan karakter maupun pembentukan sikap telah menjadi pokok bahasan utama karena memang dunia pendidikan saat ini sangat berharap untuk bisa melahirkan tunas-tunas bangsa yang tidak hanya mampu dalam bidang pengetahuan saja melainkan juga bagaimana tunas-tunas bangsa bisa memiliki dan mendalami mengenai nilai-nilai karakter bangsa, oleh sebab itu lembaga pendidikan dituntut keras untuk mampu mencetak peserta didik yang berbudi pekerti luhur dan berpengetahuan luas. Tidak terkecuali di SMP Negeri 1 Pamekasan yang membentuk beberapa program untuk bisa mencetak peserta didik yang memiliki sikap dan perilaku yang Qur’ani sesuai dengan harapan masyarakat, bangsa dan tanah air.
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, Pertama; proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap religious siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pamekasan, Kedua; indicator keberhasilan dalam proses internalisasi nila-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap religious siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pamekasan, Ketiga; kendala yang dihadapi dalam proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap religious siswa kelas VII SMP Negeri 1 PAmekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan maka dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, bahwasanya proses internalisasi nilai-nilai agama Islam yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Pamekasan yaitu dengan membentuk beberapa program yang diantaranya 3S, Salat berjamaah, Tahfidzul Qur’an, infaq dan sadaqah. Kedua, indicator keberhasilan tetap mengacu kepada ketiga aspek yang sangat diutmakan yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik karena dalam hal ini yang menjadi sasaran utama dalam proses internalisasi adalah peserta didik maka, untuk melihat dan mencapai keberhasilan yang diinginkan tetap mengacu kepada ketiga aspek tersebut. Ketiga, kendala atau hambatan yang dihadapi tentunya terdapat kendala internal yaitu terdapat pada siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan itu sendiri, karena memang dari setiap siswa memiliki karakterisitik yang berbeda, cara pandang yang berbeda serta cara bergaul yang berbeda, sehingga proses internalisasi nilai-nilai aga Islam yang dilakukan oleh sekolah tidaklah selalu berjalan dengan mulus karena tentunya masih ada siswa meskipun tidak keseluruhan yang masih setengasetengah dalam mengikuti dan mematuhi program serta aturan yang sekolah buat. Kemudian untuk kendala eksternal memang tidak lepas dari pengaruh factor lingkungan dimana peserta didik itu tinggal dan bermain, namun tidak menutup kemungkinan terkadang dari lingkungan keluarganya sendiri tentang bagaimana cara bergaul dari putra ataupun putrinya dengan memberikan kebebasan yang berlebih terhadap anaknya, karena pengaruh dari pergaulan dari luar itu yang sangat jelas dan Nampak pengaruhnya meskipun tidak semuanya negative.
Tidak tersedia versi lain