Text
UPAYA ORANG TUA MEMBATASI PENGGUNAAN HANDPHONE DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI DESA TANJUNG KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
YayukHendriyani, 2019, Upaya Orang TuaMembatasiPenggunaanHandphonedalamMembentukKarakterAnakUsiaDini di DesaTanjungKecamatanPademawuKabupatenPamekasan. Skripsi, Institut Agama Islam NegeriFakultasTarbiyah, JurusanPendidikan Agama Islam, pembimbingMoh.HafidEffendy, M.Pd.
Kata Kunci: Orang Tua, Handphone, Karakter, AnakUsiaDini
Penelitianinidilatarbelakangiolehkondisianakusiadini di desatanjung yang membutuhkanperlakuankhususdalampembentukankarakter. Seiringdenganberkembangnyawaktu di sini orang tuaharuslebihmemantauperkembangananak yang salahsatunyaadalahdenganmengawasipenggunaanhandphonepadaanak.
Ada tigapermasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitianini.Pertama, apadampakpositifdannegatifpenggunaanhandphonepadaanakusiadini di DesaTanjungKecamatanPademawuKabupatenPamekasan.Kedua,bagaimanasolusidampaknegatifpenggunaanhandphonepadaanakusiadini di DesaTanjungKecamatanPademawuKabupatenPamekasan. Ketiga,bagaimanaupaya orang tuadalammembentukkarakteranakusiadini di DesaTanjungKecamatanPademawuKabupatenPamekasan.
Penelitianinimenggunakanjeniskualitatifpendekatannyafenomenologis.Sumber data yang diperolehmelaluiwawancara, observasidandokumentasi.Informannyaadalah orang tua, masyarakat, perangkatdesa, tokoh agama DesaTanjungKecamatanPademawuKabupatenPamekasan.Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiperpanjangankeikutsertaan, ketekunan/keajeganpengamatandantriangilasi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: pertama,dampakpositifpenggunaanhandphonepadaanakyaitubisamengetahuipelajaranbaru, belajarmenggunakanteknologi yang sudahada di zamansekarang. Sedangkandampaknegatifnyayaituhandphoneberbahaya yang manadalamhandphonepastinyaadaradiasidanbisamembuatanakjadimalasbelajar, danjugaanakhanyacenderungbermainhandphonetidakmelakukansesuatuhal yang lain. Kedua,solusidaridampaknegatifpenggunaanhandphoneyaitu, dengancaramengajakanakbersosialisai agar anaktidakselaludiamdirumahdanfokuspadahandphonesaja, dansolusinyayaitumengajarkancaramembatasiwaktu, misalkandnegancaramemberikankegiatandiluartanpaharusmenggunakanhandphoneseperti: pagikesekolah, sepulangsekolahdijadwalkantidursiang, kemuadiandiikutsertakandalamkegiatan-kegiatan di rumahsehinggaanaktidakselalumemikirkanuntuk main handphone. Ketiga,upaya yang dilakukan orang tuadalammembentukkarakteranakyaiitu, dengancaramengajakanakmengajibersama, denganhalinisetidaknya orang tuasudahmengajarkansedikitbanyakuntukpembentukankarakteranakitusendiri.
Tidak tersedia versi lain