Text
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP RELIGIUS SISWA KELAS XI MELALUI MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Sofi Istiani Septiana, 2019, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Mengembangkan Sikap Religius Siswa Kelas XI Melalui Mata Pelajaran Akidah di MAN 1 Pamekasan. Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Moh. Muchlis Sholichin, M. Ag.
Kata kunci : Kurikulum 2013 dan Sikap Religius
Kurikulum 2013 dicita-citakan untuk mampu melahirkan generasi masa depan yang cerdas komprehensif yakni tidak hanya cerdas intelektualnya, tetapi juga cerdas emosi, sosial dan spritualnya. Berkualitas tidak hanya dari segi akademik, namun juga dari segi akhlak, mampu membawa dan memperbaiki citra bangsa Indonesia sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Implementasi kurikulum 2013 merupakan kompetensi yang melibatkan semua komponen, termasuk komponen yang ada dalam sistem pendidikan. Kurikulum 2013 berbasis kompetensi memfokuskan pada pemerolehan kompetensi-kompetensi tertentu oleh peserta didik. Sebagai seorang pendidik, guru bukan hanya mengajarkan materi-materi pengetahuan saja namun disisi lain guru juga tidak boleh lepas dari tanggung jawab terhadap nilai-nilai sikap dan moralitas peserta didik. Karena guru selain mentransfer pengetahuan guru juga mentrasfer nilai-nilai yang baik. Penanaman sikap religius sangat diperlukan dalam membentuk peserta didik memiliki sikap yang religius (rajin dalam beribadah).
Berdasarkan hal tersebut, ada empat fokus penelitian yang menjadi utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 dalam Mengembangkan sikap religius siswa kelas XI di MAN 1 Pamekasan Pada Tahap Pra Pelaksanaan; Kedua, Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 dalam mengembangkan Sikap Religius siswa melalui pembelajaran Aqidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Pamekasan Pada Tahap Saat Pelaksanaan; Ketiga, Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 dalam mengembangkan Sikap Religius siswa melalui pembelajaran Aqidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Pamekasan Pada Tahap Pasca Pelaksanaan; Keempat, Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dari Implementasi Kurikulum 2013 dalam mengembangkan Sikap Religius siswa kelas XI melalui Mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah deskriptif, sedangkan lokasi penelitian di MAN 1 Pamekasan. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan pemilihan data dan penyajian data Setelah analisis data dilakukan barulah ditarik kesimpulan. Data yang diperoleh dicek keabsahannya dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan tringulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Tahap pra pelaksanaan kurikulum 2013 semua pihak madrasah baik tenaga pendidik, menejemen madrasah dan peserta didik mempunyai kesiapan untuk menerapkan kurikulum 2013. Selain itu dengan adanya kurikulum 2013 pihak madrasah menyediakan sarana dan prasarana penunjang keberhasilan kurikulum 2013. Kedua, Saat pelaksanaan kurikulum 2013 dan pengembangan religius siswa kelas XI, guru mata pelajaran akidah akhlak menyiapkan rancangan perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, Prota, Promes dan Teknik evaluasi atau penilaian sebagai acuan melaksanakan pembelajaran dikelas. Guru juga memberikan bimbingan dan arahan untuk siswa agar terus menjadi insan yang beriman dan beribadah dikarenakan sesuai dengan visi madrasah. Ketiga, Paska pelaksanaan yang terjadi dalam menerapkan kurikulum 2013 dalam mengembangkan sikap religius siswa kelas XI melalui akidah akhlak yang dirasakan oleh peserta didik yaitu hasil belajar siswa meningkat, siswa lebih mudah memahami materi dan aktif dalam pelajaran dan siswa tidak merasa bosan. Selain itu, siswa bersyukur karena selain mendapatkan ilmu dari mata pelajaran siswa juga bisa beribadah dan diingatkan selalu oleh guru saat pelajaran untuk melaksanakan ibadah agar menjadi insan yang beriman. Keempat, Foktor pendukung penerapan kurikulum 2013 dalam mengembangkan sikap religius siswa di MAN 1 Pamekasan yaitu mendapat Dukungan dariwarga Madrasah. Sedangkan faktor kendala yang dihadapi oleh guru yaitu keterbatasan waktu dalam belajar mengajar dan pengawasan diluar madrasah yang sangat sulit direalisasikan.
Tidak tersedia versi lain