Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS PUISI DI MTs MIFTAHUL ULUM KRAMAT TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Abdul Jamil, 2019, Penerapan Pembelajaran Membaca Teks Puisi di MTs Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Aflahah, M.Pd.
Kata Kunci : Pembelajaran dan Membaca Teks Puisi.
Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan suatu pembelajaran yang membekali siswanya untuk terampil dalam mengembangkan kemampuan berbahasa. Kemampuan berbahasa meliputi kemampuan lisan dan tulisan. MTs Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan mempunyai permasalahan yang berkenaan dengan penerapan pembelaran membaca teks puisi. Dari pengamatan penulis terdapat beberapa masalah dalam penerapan pembelajaran membaca teks puisi di MTs Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan
Ada empat permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu; Pertama, bagaimana metode penerapan pembelajaran membaca teks puisi pada tahap pramembaca di MTs Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan. Kedua, bagaimana metode penerapan pembelajaran membaca teks puisi pada tahap saat membaca di MTs Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan. Ketiga, bagaimana metode penerapan pembelajaran membaca teks puisi pada tahap pasca di MTs Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan. Keempat, faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan pembelajaran membaca teks puisi.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya, peneliti disini menggunakan jenis penelitian fenomenologis. Dengan sumber datanya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa. Prosedur pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedankan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensial
Dari hasil penelitian ini bahwa : Pertama, metode penerapan pembelajaran membaca teks puisi pada tahap pramembaca di MTs Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan yaitu guru menggunakan metode ceramah. Kedua, metode penerapan pembelajaran membaca teks puisi pada tahap saat membaca di MTs Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan yaitu guru menggunakan metode demonstrasi. Ketiga, metode penerapan pembelajaran membaca teks puisi pada tahap pascamembaca di MTs Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan yaitu guru menggunakan metode diskusi dan tanya jawab. Keempat, faktor apa aja yang Mempengaruhi Penerapan Pembelajaran Membaca Teks Puisi di MTs Miftahul Ulum Kramat Tlanakan Pamekasan. Faktor yang mempengaruhi penerapan pembelajaran membaca teks puisi di MTs Miftahul Ulum Krama Tlanakan pamekasan adalah: pertama, profesionalitas guru. Kedua, kemampuan dan minat siswa. ketiga, fasilitas.
Tidak tersedia versi lain