Text
PENGARUH PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS IV DI MI AL-JAWAHIR KEDUNGDUNG SAMPANG
ABSTRAK
Dinul Islamiyah, 2019, Pengaruh Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Kelas IV Di MI Al-Jawahir Kedungdung Sampang, Skripsi, Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.
Kata Kunci : Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Perilaku
Setiap pembelajaran dalam suatu mata pelajaran selalu memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan pada tiga aspek, yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pada aspek afektif,merupakan komponen yang paling utama dalam mengukur keberhasilan materi aqidah akhlak kepada peserta didik. Di kelas IV MI Al-Jawahir Kedungdung Sampang, pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak dilakukan dengan maksimal. Pada materi ini, guru mata pelajaran aqidah akhlak menggunakan beberapa metode pembelajaran seperti bentuk nasehat, pembinaan, evaluasi pada tiap pertemuan dan lainnya. Dalam penelitian ini ada dua hal penting yang menjadi fokus kajian, yaitu; (1) Adakah pengaruh pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas IV di MI Al-Jawahir Kedungdung Sampang?. (2) Seberapa signifikan pengaruh pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas IV di MI Al-Jawahir Kedungdung Sampang?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas IV di MI Al-Jawahir Kedungdung Sampang. (2) untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas IV di MI Al-Jawahir Kedungdung Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni suatu bentuk penelitian yang menekankan pada angka-angka untuk mendapatkan hasil yang objektif. Teori atau rumus yang digunakan penulis dalam mengolah dan menganalisis angka-angka tersebut adalah dengan rumus product moment. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode angket.
Berdasarkan analisis dan didasarkan pula pada proses penghitungan yang dilakukan secara akurat dapat disimpulkan beberapa hal yakni, pertamabahwa terdapat pengaruh pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas IV di MI Al-Jawahir Kedungdung Sampang.Kedua, bahwa signifikansi pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak memiliki pengaruh yang cukup/sedang (0.696) terhadap perilaku siswa kelas IV di MI Al-Jawahir Kedungdung Sampang.
Tidak tersedia versi lain