Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN PROGRAM PEMBINAAN AKHLAK PESERT DIDIK DI MA SABILUL MUTTAQIEN BUDDAGAN PADAMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Omar Alfaroq: 2019, IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN PROGRAM PEMBINAAN AKHLAK PESERT DIDIK DI MA SABILUL MUTTAQIEN BUDDAGAN PADAMAWU PAMEKASAN, Skripsi, Progaram Studi Manajemen Pendidikan Islam, jurusan Tarbiyah, pembimbing Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.
Kata Kunci : Manajemen Mutu Pendidikan, Pembinaan Akhlak
Program pembinaan akhlak peserta didik merupakan salah satu cara untuk melakukan tindakan yang sempurna dalam menanamkan sifat kedisiplinan dan akhlak yang baik, yang melalui pengelolaan program pembinaan akhlak yang selalu ditanamkan terhadap peserta didikprogram merupakan salah satau kegiatan ekstrakulikuler sekolah dalam mewujudkan akhlak yang mulia peserta didik.
Pengelolaan program pembinaan akhlak yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini : 1) Bagaimanakepala sekolah dalam peneglolaan program pembinaan peserta didik di MA Sabilul Muttaqien Buddagan Pademawu. 2) Bagaimanamacam-macam program kepala sekolah dalam pengelolaan pembinaan peserta didik di MA Sabilul Muttaqien Buddagan Pademawu 3) Bagaimanafaktor dan penghambat apa yang dialami oleh guru di MA Sabilul Muttaqien Buddagan Pademawu pada pengelolaan program pembinaan akhlak mulia peserta didik
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data menggunakan pengecekan, pengorganisasian, dan pengkodean. Dan untuk memperkuat hasil penelitian ini dilakukan ketekunan pengamatan,, triangulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengeloalaan program pembinaan akhlak mulia peserta didik sangat efektif baik dan sesuai dengan mutu pendidikan madrasah, karena semua jajaran guru itu melakukan sebagai tanggung jawabnya. Guru itu bersatu melakukan porgram pembinaan akhlak mulia peserta didik di Madrasah Aliyah Sabilul Muttaqien, semua guru yang ada di Madrasah ini giata melakukan pengelolaan program pembinaan akhlak mulia peserta didik. Sedangkanprogramnyadalahekstrakulikulersepertipramuka, mengajibersama, danistigosah, pencaksilat.Pelaksanaanpengelolaan program dalampembinaanakhlakmuliapesertadidik di MA SabilulMuttaqienBuddaganPademawuitusangatefektifdansempurnadanmemperolehhasilyang baikterhadappeertadidik,Faktordanhambatandalampengelolaan program pembinaanakhlakmuliapesertadidikyaitudarieksternal, eksternaladalahdariluar, maksudyadarilingkungankeluargadanlingkunganmasyarakat yang kurangmendukungterhadapprogram pembinaanakhlakpesertadidik.Dan dari internal.Maksudnyainternal adalahdaridiripesertadidiksendiri yang kurangmenyadariataukurangdisiplindalamprilaku yang baikdanjugakurangnyadayaingatan, sehinggaapa yang disampaikan guru dalamberprilakubaikitucepathilang.
Tidak tersedia versi lain