Text
IMPLEMENTASI NILAI FATHANAHDALAM STRATEGI MARKETING DI TOKO BUSANA MUSLIM RABBANI STORE PAMEKASAN
ABSTRAK
Riki Wakit, 2019, Implementasi Nilai Fathanah Dalam Strategi Marketing Di Toko Busana Muslim Rabbani Store Pamekasan, Skripsi, Prodi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negri Madura, Pembimbing: Dr. H. Rudy Haryanto, MM
Kata Kunci: Fathanah, Strategi Segmentasi, Targeting, Positioning.
Prinsip dalamstrategi marketing (pemasaran) harus ada nilai fathanah (cerdas) yang harus diterapkan. Namun untuk mengetahui keadaan realdi lapangan peneliti perlu untuk terjun langsung pada perusahaan untuk mengetahui nilai fathanah yang diterapkan dalam strategi marketing segmentasi, targeting, positioning. Karena tidak semua perusahaan menerapkan nilai fathanah dalam startegi marketing khususnya di Rabbani Store Pamekasan, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Implementasi Nilai Fathanah Dalam Strategi Marketing Di Toko Busana Muslim Rabbani Store Pamekasan”.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus dalam penelitian ini yaitu pertama: Bagaimana Implementasi Nilai Fathanah Dalam Strategi Segmentasi Di Toko Busana Muslim Rabbani Store Pamekasan, kedua: Bagaimana Implementasi Nilai Fathanah Dalam Strategi Targeting Di Toko Busana Muslim Rabbani Store Pamekasan, ketiga: Bagaimana Implementasi Nilai Fathanah Dalam Strategi Positioning Di Toko Busana Muslim Rabbani Store Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan sebuah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah manajer, karyawan, konsumen atau pelanggan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada nilai fathanah yang diterapkan dalam startegi segmentasi, targeting, dan positioning Rabbani store Pamekasan. Nilai kecerdasan yang ada dalam segmentasi disana melakuan observasi terlebih dahulu dengan cara mengamati dan menanyakan kepada beberapa masyarakat Pamekasan terhadap busana muslimdan untuk menentukan segmen mana yang akan dilayani. Sedangkan nilai fathanah yang diterapkan dalam strategi targeting yaitu dengan cara canvasing, membuka stand dan meneyesuaikan dengan keadaan lingkungan seperti lembaga pendidikan. Nilai fatahanah yang diterapkan dalam startegi positioning yaitu dengan cara berkata jujur pada konsumen terhadap produk yang dijual dan mendasain produk dengan mengikuti perkembangan zaman dengan memperhatikan kualitas produk.
Tidak tersedia versi lain