Text
EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELECTUAL) DENGAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MAN BANGKALAN
ABSTRAK
Durrotun Nasihah, 2019,Efektivitas Implementasi Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual) dengan Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN Bangkalan, Skripsi, Program Studi Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Hasan, M.Pd.I.
Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran SAVI(Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual), Hasil Belajar
Pendekatan pembelajaran merupakan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Kemudian hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI. Suatu proses belajar mengajar dikatakan berhasil, tentu setiap pendidik atau guru memiliki pandangan yang berbeda-beda. Pandangan itu dapat disamakan ketika dilaksanakan penilaian, salah satu fungsi penilaian ini untuk memberikan umpan balik kepada guru dalam rangka memperbaiki proses belajar mengajar.
Dengan penjelasan di atas maka memunculkan rumusanmasalah dalam penelitian ini yaitu pertamaAdakah kolerasipendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelectual) dengan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI di MAN Bangkalan?; keduaSeberapa besar signifikan kolerasi pendekatan pembelajaran SAVI dengan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI di MAN Bangkalan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kolerasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic dengan rumus yang digunakan adalah product moment dan instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama Kolerasi Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual) dengan Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak siswa tergolong baik. kedua Dari hasil analis data yang telah dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak kelas XI di MAN Bangkalan mengalami perubahan yang cukup signifikan antara nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI. Hal ini terbukti dengan nilai “r” kerja setelah di konsultasikan pada tabel interpretasi product moment, nilai “r” kerja tersebut berada pada 0,600 sampai dengan 0,800 dengan demikian dapat di tegaskan bahwa kedua variabel di atas terdapat korelasi yang cukup.
Tidak tersedia versi lain